site stats free
 

Tidak Boleh Tidur Siang Waktu Haid, Mitos atau Fakta?

Pernah tidak kalian pernah mendengar seeorang yang melarang untuk tidur siang saat sedang haid?. Mungkin salah satu dari kalian ada yang pernah mendengar larangan tersebut. Apakah itu pamali? Mitos atau fakta? Silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Banyak sekali larangan-larangan atau pamali yang menjadi beban tersendiri ketika wanita sedang menstruasi. Karena itu banyak dari wanita di era generasi minelial ini yang melupakan bahkan meninggalkan secara utuh berbagai larangan itu.

Namun yang perlu anda tahu, larangan dari orang tua zaman dahulu itu memberikan perintah kepada anaknya atau orang lain itu pasti ada sebab dan akibatnya.

Jadi tidak semuanya itu serba salah. Kadangkala mereka hanya memberikan informasi mengenai akibat dari melanggar pamali tersebut yang melebih-lebihkan.

Lalu apakah larangan tentang tidak boleh tidur siang waktu haid itu hanya sebuah pamali tanpa dasar atau sebaliknya? Mari kita simak pembahasannya disini.

Tidak Boleh Tidur Siang Waktu Haid

Benarkah ada bahaya tidur siang saat haid?

Haid merupakan perkara penting yang harus diketahui oleh semua wanita. Terutama bagi mereka yang baru saja mengalami haid yang menjadi tanda keremajaan dimulai. Haid ini merupakan pendarahan secara periodik dengan siklus tertentu dari rahim yang disertai peluruhan/deskuamasi pada lapisan terdalam dari rahim.

Efek samping tidur siang saat menstruasi yang sering dipercaya oleh masyarakat adalah menimbulkan gemuk atau gendut, flek hitam, jerawat, kulit lebih terlihat tua, dan berbagai penyakit. Namun sejatinya benarkah ada penyakit tidur siang saat haid yang dapat terjadi pada wanita?

Beberapa dari semua itu tidaklah 100% benar. Memang semua itu bisa saja terjadi pada kita, akan tetapi sebenarnya itu terjadi dari pola hidup kita sendiri yang terjadi selama masa menstruasi.

Inilah beberapa fakta yang memang telah terbukti.

1. Tidak bikin gemuk

Sejatinya, tidur siang saat haid tidak bikin gemuk. Hal ini karena produksi hormon progesteron dalam tubuh meningkat tajam. Hormon ini akan mempengaruhi emosi dan perilaku seseorang. Misalnya rasa marah, tersinggung, mudah lapar, dan ingin sering-sering makan.

Nah dengan kondisi itulah seseorang akan mudah terdorong untuk makan banyak. Makan banyak yang tidak diproses karena tubuh kita tidurkan akan memicu obesitas atau kegemukan. Jadi sebenarnya tidak hanya tidur siang saja yang menyebabkan gemuk, tidur malam saat setelah makan pun dapat menyebabakan kegemukan.

Jika anda takut gemuk tips tidur siang saat haid yang baik adalah jangan makan terlebih dahulu sampai 1 jam sebelum tidur, kecuali makan ringan dan makan buah atau sayur dalam porsi yang sedikit.

2. Tidak bikin flek hitam, jerawat, dan kerutan

Banyak yang takut jika tidur siang saat menstruasi akan mengakibatkan kulit muka berminyak, jerawat, flek hitam dan lain sebagainya. Semua itu tidaklah 100% benar juga. Kecenderungan untuk makan saat haid memang melonjak.

Anda mungkin terbawa untuk makan segala sesuatu, seperti gorengan, telur, daging, makanan cepat saji, makanan kaya lemak dan lainnya. Atau karena saking nafsu makannya tinggi, anda jadi cenderung makan makanan yang gurih seperti udang dan seafood lainnya yang sebenarnya alergi. Nah hal itulah ang dapat menyebabkan kulit tidak sehat.

Perlu anda tahu, saat haid, kulit lebih sensitif bagi sebagian orang. Hal inilah yang perlu perawatan lebih lanjut seperti pembersihan secara teratur dengan air biasa. Jangan melakukan facial, scrubing, ataupun masker jika menimbulkan masalah pada kulit.

Jadi langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan seperti ini:

  • Sering makan buah dan sayur
  • Lakukan pembersihan muka dengan teratur
  • Jangan asal makan, perhatikan makanan penyebab alergi

3. Tidak menimbulkan penyakit

Satu lagi, mitos yang berkembang di masyarakat sehingga tidak boleh tidur siang saat haid adalah karena masalah penyakit yang bisa timbul. Baik penyakit dalam ataupun luar dalam jangka panjang dan jangka pendek semua itu dipercaya akan timbul.

Namun ini juga tidak seluruhnya benar.

Semua itu berawal dari kebiasaan hidup yang dijalani selama masa haid. Berbagai godaan akan nafsu makan yang berlebihan itulah yang menyebabkan kenapa penyakit terjadi.

Jadi batasi konsumsi makanan walau merasa sangat ingin makan-makanan tersebut. Sehingga berbagai dampak terhadap kemunculan penyakit tidak terjadi.

Semua hal mengenai perihal larangan tidur siang saat menstruasi pada cewek sudah terjawab. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Author - Oktober 21, 2017

2 tanggapan untuk “Tidak Boleh Tidur Siang Waktu Haid, Mitos atau Fakta?”

  1. adi pradana berkata:

    ternyata hanya mitos ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter