site stats free
 

Suara Fals itu Seperti Apa? Simak Ciri-ciri Suara Fals Berikut Ini!

Suara fals itu Apa? Mungkin kita seringkali mendengar mengenai hal, ini tapi sebenarnya apakah suara fals itu? Bagaimana suaranya, bagaimana ciri-cirinya?

Nah agar kalian tahu mengenai berbagai jenis pengetahuan seputar suara yang fals saat bernyanyi, silakan terus simak pembahasannya di bawah ini ya.

Suara Fals Itu Apa?

Suara Fals itu Seperti Apa? Simak Ciri-ciri Suara Fals Berikut Ini!

Apa itu suara fals?

Singkatnya, pengertian suara fals adalah suara yang menyimpang dari nada aslinya dalam sebuah nada lagu. Jadi suara fals tidak terjadi karena nyayian kita sendiri yang menyimpang dari nada dalam lagu, tapi saat memainkan alat musik dan nadanya menyimpang dari sebenarnya pun bisa kita anggap sebagai falas.

Jadi ciri suara fals adalah terjadi penyimpangan nada suara yang dihasilkan oleh suara seseorang ataupun alat musik dari nada sebenarnya. Hal ini akan menimbulkan suara yang tidak enak didengarkan oleh orang lain. Lihat juga nih: Pengertian Spesial Snowflake Sindrom atau SSS.

Cara mengetahui suara fals sendiri bisa kita dengarkan sendiri atau dari orang lain. Tapi biasanya diri kita sendiri tidak terlalu peka terhadap kesalahan yang dibuat sendiri, orang lainlah yang lebih peka terhadap setiap kesalahan diri kita. Maka dari itu, kita bisa meminta bantuan orang lain untuk mengetahui apakah suara kita fals ataukah tidak.

Penyebab suara fals itu bisa bermacam-macam. Misalnya karena memang kita tidak kuat untuk bernyanyi setinggi nada aslinya, atau karena kita tidak memahami betul nada dari sebuah lagu yang dibawakan.

Cara menghilangkan suara fals dalam bernyanyi memang dengan membuat suara lepas. Dan ini harus sering-sering kita latih. Yang penting, kita tahu tangga nada dari lagu yang kita nyanyikan ataupun kita mainkan. Jadi dengan sering-sering melihat tangga nadanya dan memahaminya, maka suara fals pun lama kelamaan akan hilang atau dengan kata lain suara fals jadi merdu.

Dengan pengertian sederhana di atas kalian masih bingung?

Nih saya misalkan saja dengan definisi suara fals berikut ini. Misal ada sebuah lagu memiliki nada seperti ini: A B C D E F G. Nah saat anda memainkan posisi di atas lalu memiliki nada seperti ini A B C E E F G inilah yang bisa disebut sebagai bentuk fals.

Paham bukan?

Jika belum paham, masuklah dunia musik di sekolah anda lalu pasti akan langsung paham. Atau gabunglah dengan teman yang pandai musik dan minta mereka memberikan contoh suara fals dan suara tidak fals dalam perbedaannya.

Demikianlah beberapa hal mengenai suara fals itu apa. Semoga penjelasan kali ini memberikan manfaaat buat kita semuanya. Jangan lupa selalu kunjungi blog ini ya kawan. Thanks.

Author - Juli 28, 2017

Satu tanggapan untuk “Suara Fals itu Seperti Apa? Simak Ciri-ciri Suara Fals Berikut Ini!”

  1. makanya ak ga mau ikut naynyi takutnya ngerusak suasanan wkwkw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter