site stats free
 

Strategi Mengatasi Ancaman Negara Dibidang Ideologi, Politik, Keamanan dan Solusinya

Jujur saja, berbagai macam bentuk ancaman kedaulatan dalam bidang seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, militer dan nonmiliter, sosial budaya, dan sebagainya masih rawan di NKRI. Bangsa Indonesia yang besar ini tentunya menjadi ancaman bagi banyak pihak, baik itu dari internal maupun dari eksternal (dalam negeri dan luar negeri).

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan urian atau penjelasan singkat mengenai tips, cara, strategi serta sikap kita menghadapi ancaman dimensi ideologi. Jadi dalam contoh artikel singkat ini saya akan memberikan beberapa strategi yang dilakukan oleh pemerintah negara RI, militer, dan juga masyarakat dalam mengatasi semua potensi ancaman dari dalam atau luar negeri. Jadi semua elemen dalam bangsa ini ikut serta / ikut ambil bagian.

Berbagai solusi ancaman non militer dibidang ideologi memang telah dilakukan baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Namun hal itu tidak bisa dilakukan dalam satu kali saja, melainkan harus dilakukan secara terus menerus. Nah dalam contoh artikel menghadapi ancaman dimensi ideologi ini, saya juga akan membahas hal tersebut. Silakan simak baik baik ya.

Ancaman non militer bidang pertahanan dan keamanan negara Indonesia merupakan salah satu hal yang paling penting untuk disikapi. Karena justru faktor non militer itulah yang mampu melumpuhkan keamanan suatu bangsa dengan perlahan tapi pasti dan pastinya akan menggangu stabilitas nasional. Contoh ancaman nir militer ini bisa dalam bentuk pelencengan terhadap ideologi suatu bangsa.

Strategi Mengatasi Ancaman dibidang Ideologi, Politik, Keamanan dan Solusinya

Strategi Mengatasi Ancaman dibidang Ideologi, Politik, Keamanan dan Solusinya

Inilah berbagai macam strategi yang dilakukan oleh pemerintah negara RI dalam mengatasi semua potensi ancaman dari dalam/luar negeri dan juga solusi ancaman non militer ataupun militer yang perlu dilakukan dalam berbagai bidang terutama ideologi.

 

1.Memberikan penyuluhan kepada masyarakat

Menggandeng berbagai pihak dari desa seharusnya pemerintah memberikan berbagai macam penyuluhan mengenai pentingnya menjaga keutuhan wilayah nkri dan persatuan kesatuan bangsa. Dengan seringnya mengadakan berbagai macam pendekatan dan pemberian pemahaman kepada masyarakat dalam berbagai bidang, pasti semua tujuan antara pemerintahan akan terlaksana dengan mudah.

 

2.Meningkatkan mutu pendidikan dan karakter masyarakat

Dengan meningkatkan pendidikan dan karakter masyarakat, maka akan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat itu sendiri mengenai berbagai macam hal yang menyangkut berbagai macam ancaman bagi bangsa. Dengan pendidikan juga bisa menciptakan lapangan kerja baru sehingga bisa lebih makmur dan juga bebas dari pengangguran yang bisa menciptakan kejahatan.

 

3.Menurunkan pihak berwajib seperti polisi dan TNI

Bagaimanapun pihak seperti POLRI dan TNI menjadi salah satu elemen penting yang menjadi pertahanan pertama jika terjadi serangan, baik itu militer dan non militer. Maka dari itu, seharusnya mereka lebih aktif dalam menanggapi berbagai ancaman yang mungkin akan membahayakan NKRI.

 

4.Penyelenggaraan pemilihan pemimpin yang bersih dan jujur

Bagaimana negara aman secara internal maupun eksternal jika pemimipinnya saja mulai dari pemimpin desa hingga pemimpin negara masih memberikan uang dan sebagainya saat mencalonkan diri agar menang. Jika memang seperti itu, mereka berarti akan korupsi, tanpa motivasi ingin korupsi tentunya mereka tidak mau mengeluarkan uang sebanyak itu untuk menyogok rakyat bukan?

 

5.Pemberantasan terorisme dan gerakan separatis

Gerakan separatis dan teroris memang harus diberantar. Karena mereka adalah ancaman yang nyata untuk negara dan kenyamanan masyarakat. Jadi elemen elemen penting keamanan dan dari masyrakat itu sendiri harus bisa mencegah ancaman itu terjadi.

Jika dibagi bagi lagi menjadi lebih spesifik sesuai dengan bidangnya masing-masing, inilah strategi dan solusi dalam menghadapi berbagai ancaman negara dari berbagai bidang terutama ancaman dimensi ideologi.

 

Bidang Ideologi

1.Pemberantasan gerakan separatis
2.Peningkatan rasa patriotisme
3.Pembekalan mental spiritual
4.Penyuluhan kepada masyarakat tentang ideologi dan nilai pancasila
5.Pentingnya masyarakat dalam menyeleksi konten yang mengacu pada perpecahan
6.Pengaruh agama harus lebih ditekankan
7.Menerapkan norma norma dalam kehidupan

Bidang politik

1.Penataan sistem politik yang lebih baik
2.Menjaga stabilitas politik bangsa indonesia
3.Penguatan aspek penyelenggaraan pemerintahan negara
4.Penguatan lembaga legislatif

Bidang ekonomi

1.Penciptaan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran
2.Menjalin kerja sama ekonomi dengan negara lain
3.Pemberian pendidikan yang matang kepada calon wirausaha
4.Pemberian sarana dan prasarana untuk berbagai usaha kecil

Bidang militer

1.Penguatan lembaga militer dan pertahanan lain
2.Pemilihan anggota militer dan POLRI yang bersih dan berkarakter tinggi
3.Pemberantasan gerakan separatisme
4.Pemberantasan terorisme

Bidang sosial dan budaya

1.Pemberian pendidikan tentang budaya daerah
2.Menyeleksi budaya dari luar
3.Menyeleksi berbagai konten buruk di internet
4.Mengurangi sifat individualisme, hedonisme dan konsumerisme
5.Kesadaran dan toleransi dalam kerukunan hidup

 

Demikianlah pembahasan singkat mengenai strategi menghadapi ancaman di bidang ideologi dan politik, walau tidak lengkap dalam bidang ipoleksosbudhankam, namun setidaknya itu bisa menjadi contoh yang mewakili. Semoga saja berbagai bentuk ancaman kedaulatan indonesia dalam berbagai bidang ini tidak akan mampu mengusik kedamaian dan keamanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, kita lah sebagai elemen masyarakat yang mampu mencegah hal itu.

Sumber gambar: republika.co.id

Author - November 7, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter