site stats free
 

Resep Unthuk Yuyu Super Renyah, Manis dan Gurih

Sajian untuk hari raya ataupun hari-hari biasa saat kumpul-kumpul bersama keluarga atau saat ada acara seperti arisan dan lainnya memang tidak hanya makanan berat. Kita perlu memiliki makanan ringan yang bisa digunakan sebagai pencuci mulut.

Misalnya saja sajian kue jadul yang masih eksis dan tetap memiliki rasa mantap yang tak kalah dengan makanan lainnya. Apakah makanan tersebut?

Makanan tersebut adalah untuk yuyu atau unthuk yuyu. Unthuk yuyu merupakan makanan tradisional khas jawa (asal daerahnya saya tidak terlalu paham karena banyak daerah memang memiliki kemampuan membuat makanan ini) yang memiliki rasa manis gurih. Jadi sejenis kue kering seperti halnya unthuk cacing tapi cuma bentuknya saja yang berbeda.

Di kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin berbagai kepada anda semua mengenai resep kue untuk yuyu manis, renyah, gurih tapi tetap lembut dimulut. Jadi ada sensasi yang enak dan tentunya pasti anda suka sebagai makanan harian anda. Ingin tahu seperti apa cara membuatnya?

Silakan simak pembahasannya di bawah ini:

Resep Kue Unthuk Yuyu yang Mudah dan Simpel

Resep Unthuk Yuyu Super Renyah, Manis dan Gurih

Di sebagian daerah lain, unthuk yuyu disebut sebagai busa kepiting. Tapi apapun namanya, tetap saja cara pembuatannya sama. Mungkin ada sedikit berbeda karena tiap orang memiliki cara pembuatan yang memiliki gaya baru.

Namun pada resep unthuk yuyu renyah atau busa kepiting kali ini, saya akan emmbagikannya dengna resep yang simpel dan mudah dibuat. Siapapun bisa pasti bisa membuat makanan tradisional semua kalangan ini.

Bahkan nantinya bisa kita jual lagi jika banyak peminatnya. Untung bukan? Tapi jika menguntungkan jangan lupa ya untuk berbagi dengan admin blog axefo ini 🙂 .

Pada dasarnya, resep unthuk yutu sama dengan resep unthuk cacing. Membuatnya pun sama persis, cuma cetakannya saja yang berbeda. Namun anda memodifikasi dengan berbagai bahan lain agar memiliki cita rasa khas anda sendiri. Misalnya penambahan karamel coklat, bubuk krim, atau toping dari selai buah. Silakan gunakan kreativitas dan imajinasi anda untuk membuat berbagai hal unik.

Tanpa basa-bagi inilah resep kue kering unthuk yuyu yang bisa anda buat.

1. Siapkan alat dan bahan

Berikut ini merupakan beberapa alat dan bahan yang perlu anda persiapkan:

#Alat:

Cetakan kue unthuk yuyu (tidak tidak ada gunakan saja batok kelapa yang dibelah jadi 2 lalu dilubangi bawahnya menjadi 3 lubang. Gambar cetakan unthuk yuyu bisa dilihat di internet ya.), wadah kecil, sendok, wajan, soled dan sorok, serta kompor.

#Bahan:

500 gram tepung beras ketan
50 gram tepung terigu
150 gram tepung beras biasa
150 gram gula pasir
150 gram mentega
1/2 gelas santan kental utamakan santan kanil matang
2 butir kunir telur matang
Sepucuk sendok teh matang
1/2 sendok teh soda kue
Air secukupnya

2. Campurkan bahan berupa kuning telur, mentega, baking soda, tepung beras ketan dengan menggunakan mixer. Jika tidak ada mixer, gunakan saja sendok.

3. Setelah bahan di atas tercampur rata tambahkan air sedikit. Lalu campurkan semua bahan kecuali santan.

4. Setelah itu kocok lagi dengan ditambahkan santan dan jika masih padat tambahkan sedikit air

(Baca juga: Resep unthuk cacing renyah, manis dan gurih)

5.Cetaklah adonan dengan cetakan yang telah dibuat atau yang telah dibuat.

6. Setelah itu goreng dengan minyak panas

7. Tiriskan dan jika sudah dingin dapat dikemas dan dimakan

Gimana kawan? Mudah bukan cara resep kue kering unthuk yuyu ini? Sederhana tapi tetap enak hasilnya bukan? Walaupun termasuk sebagai aneka resep kue kering tempo dulu, tapi tetap modern bisa tampil modern jika ditambahkan berbagai style menurut masing-masing pembuat.

Image by carasyamsu.com

Author - Juli 29, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter