site stats free
 

Mengamati Perkembangan Industri Asuransi Jiwa di Indonesia yang Meningkat Tajam

Asuransi saat ini mulai dipandang penting oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan kesadaran akan manfaat asuransi telah dibangkitkan oleh program pemerintah seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan mereka pun mulai menyadari pentingnya berbagai jenis asuransi lain seperti halnya asuransi jiwa.

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang menjamin perlindungan kepada individu ataupun kelompok orang yang terkena kerugian tak terduga seperti akibat kecelakaan, kematian, dan hal lain yang menyebabkan cacat hingga tidak bisa mendapatkan penghasilan lagi.

Berbicara mengenai asuransi jiwa, semakin kesini, perkembangan industri asuransi jiwa semakin meningkat tajam. Banyak perusahaan yang bermunculan seiring dengan peningkatan permintaan pasar yang kian membludak dan juga akibat semakin meningkatnya perekonomian nasional.

Mengamati Perkembangan Industri Asuransi Jiwa di Indonesia yang Meningkat Tajam

Peningkatan Hingga di Atas 50%

Tahun lalu saja, pertumbuhan industri asuransi jiwa sudah mengalami peningkatan hingga 57,4% berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Peningkatan ini tentunya sebuah angka yang sangat besar, pasalnya dari yang sebelumnya cuma berada pada nilai 132,74 triliun rupiah, sekarang sudah berada pada angka 208,92 triliun rupiah.

Tentunya untuk tahun tahun seterusnya, peningkatan bisa diprediksi akan terus meningkat. Hal ini mengingat banyak anak muda yang sudah membuka mata mereka mengenai pentingnya asuransi bagi mereka. Apalagi sekarang banyak sekali hal-hal yang tak terduga akibat kecelakaan, kejahatan di jalanan maupun rumah, dan sebagainya. Kebutuhan asuransi sangatlah penting.

Peningkatan Jumlah Perusahaan harus Diiringi Peningkatan Pelayanan

Jumlah perusahaan asuransi jiwa yang benar-benar perusahaan besar dan sudah mendapatkan izin resmi sudah lebih dari 50. Perkembangan ini pun harus diiringi dengan berbagai kemudahan pelayanan. Sehingga para pengguna jasanya semakin mudah untuk membayar premi setiap jangka waktu tertentu tanpa perlu repot-repot.

Misalnya dengan melakukan kerja sama dengan bank atau pihak lain secara digital, sehingga setiap bulan uang premi bisa terbayarkan tanpa perlu melakukan apapun. Perluasan jaringanpun diperlukan, sehingga siapapun bisa melakukan konsultasi secara mendalam sebelum mereka bisa menggunakan asuransi jiwa.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Asuransi Jiwa

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda tahu ketika ingin menggunakan asuransi jiwa:

1. Pastikan anda adalah tulang punggung keluarga

Jika anda adalah tulang punggung keluarga, maka memiliki asuransi jiwa adalah hal yang perlu diutamakan. Setidaknya, risiko bisa diminimalkan. Misal terjadi kecelakaan sehingga tidak bisa membiayai seluruh anggota keluarga lagi, maka akan tetap mendapatkan ganti rugi berupa uang ganti tiap bulan sesuai dengan perjanjian dalam kerjasama yang telah dilakukan.

Untuk anggota keluarga pun boleh juga memiliki asuransi jiwa. Namun jika mereka bukan tulang punggung keluarga, misal dia meninggal maka akan dilimpahkan kepada saudara atau seseorang yang telah mereka tunjuk.

2. Pahami setiap ketentuan dengan detail dalam surat perjanjian

Seringkali ada seseorang mengeluh dan kecewa karena tidak mendapatkan ganti rugi biaya dari kehilangan jiwanya. Padahal mereka tidak memahami dengan baik ketentuan dalam surat perjanjiannya. Karena industri asuransi tentunya tidak mau rugi, sehingga setiap kehilangan nyawa yang bukan karena hal tertentu maka tidak masuk ke dalam jaminan.

Jadi pahami secara mendalam poin demi poin dalam perjanjian kerjasama agar kesepatakan bisa terjadi dengan baik dan akhirnya kedua belah pihak pun dapat saling memahami masing-masing. Dan yang terpenting, kita tidak puas dengan setiap kerjasamanya.

3. Pilih industri yang tepat dan juga jenis premi yang tepat

Karena saking banyaknya perusahaan asuransi yang bertebaran saat ini, maka hal ini membuat bingung mereka yang mau menggunakan asuransi jiwa. Saran saya, pilhlah yang paling terpercaya, sudah mendapatkan predikat dan penghargaan, dan tentunya pelayanannya memuaskan. Untuk masalah harga, anda bisa bayar sesuai dengan kemampuan anda sendiri. Semakin besar biaya preminya, tentunya jaminan yang didapatkan pun semakin besar.

Demikianlah sedikit informasi tentang perkembangan industri asuransi jiwa di Indonesia dan beberapa tips bagi anda yang ingin menggunkannya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Author - September 16, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter