site stats free
 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Beserta Dampaknya Untuk Kehidupan Saat Ini

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli | Istilah serta pengertian globalisasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mulai dari pengertian murninya, maupun pengertian globalisasi menurut para ahli lainnya. Karena, selain sering muncul pada informasi-informasi melalui media massa, globalisasi juga banyak muncul di salah satu mata pembelajaran di sekolah. Diberikannya pembelajaran yang berkaitan dengan globalisasi memiliki berbagai tujuan seperti perlunya mengetahui apa itu globalisasi, kenapa bisa terjadi globalisasi, sampai bagaimana cara kita menyikapi adanya globalisasi. Karena, dengan adanya globalisasi, memungkinkan munculnya berbagai dampak, baik itu dampak positif maupun ada juga dampak negatif yang dilontarkan oleh banyak pihak.

Selain dampak dari globalisasi, luasnya pengertian perihal globalisasi juga membuat banyak ahli mengungkapkan hal serupa mengenai pengertian globalisasi sesuai dengan pandangan mereka.

Jika dilihat dari pengertian secara umum globalisasi sendiri yaitu suatu proses mendunia atau menyeluruh di mana setiap orang tidak terikat oleh batas-batas wilayah suatu negara, pengertian globalisasi oleh para ahli juga tidak jauh-jauh dari pengertian secara umum tersebut. Seperti pengertian-pengertian globalisasi oleh para ahli berikut.

Beberapa Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Globalisasi-Menurut-Para-Ahli-(1)

  • Pengertian Globalisasi Menurut Emanuel Ritcher

Menurut Emanuel Ritcher pengertian globalisasi adalah suatu jaringan kerja global secara bersamaan dalam menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan tertutup dalam saling ketergantungan dan adanya persatuan dunia.

  • Pengertian Globalisasi Oleh Thomas L. Friedman

Sedangkan menurut Thomas L. Friedman mengenai pengertian globalisasi adalah bahwa yang namanya globalisasi itu merupakan suatu hal yang berkaitan dengan dua dimensi. Yaitu dimensi teknologi dan dimensi ideologi. Untuk globalisasi yang berkaitan dengan dimensi teknologi berupa teknologi informasi yang sudah menyatukan dunia. Sedangkan melihat globalisasi dari segi dimensi ideologi berupa pasar bebas dan kapitalisme.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Scholte

Untuk pengertian globalisasi menurut Scholte adalah suatu proses meningkatnya jalinan internasional yang dalam hal ini berbagai negara secara keseluruhan mempertahankan identitas negaranya, namun tetap bergantung antara satu dengan yang lainnya.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan, bahwa pengertian globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat yang ada di seluruh dunia.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Achmad Suparman

Globalisasi adalah suatu proses untuk menjadikan benda-benda maupun perilaku-perilaku sebagai penanda atau ciri-ciri dan setiap individu dalam dunia ini tanpa dibatasi oleh suatu wilayah.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Lodge

Menurut Lodge, globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka. Baik dalam suatu aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi, maupun aspek lingkungan.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Beerkens

Pengertian globalisasi menurut beerkens adalah suatu proses keterkaitan seluruh dunia antara negara maupun bangsa sebagai sebuah proses yang mempengaruhi pengaturan sosial dasar seperti kekuasaan, budaya, politik, hak, nilai, norma, ideologi, identitas, kewarganegaraan dan juga solidaritas.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Steger

Sedangkan menurut Steger, globalisasi adalah suatu kondisi sosial yang ditandai dengan adanya interkoneksi ekonomi, politik, budaya, dan juga lingkungan global serta arus yang membuat banyak dari perbatasan saat ini sudah ada dan batas-batas tidak relevan.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Takis Fotopoulos

Pengertian globalisasi menurut Takis Fotopoulos memuat tiga jenis arti. Yakni dalam arti ekonomi, politik, serta budaya. Untuk globalisasi dalam arti ekonomi sendiri berperan sebagai pembukaan dan deregulasi pasar komoditas, modal, dan tenaga kerja yang menyebabkan globalisasi neoliberal ini. Sedangkan untuk globalisasi dalam arti politik bernama munculnya elit transisional dan keluar dari negara maupun bangsa. Dan untuk globalisasi dalam artian budaya menurut Takis Fotopoulos adalah homogenisasi budaya di seluruh dunia.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Robert Cox

Menurut Robert Cox, globalisasi adalah suatu kecenderungan menyatunya internasionalisasi produksi, pembagian kerja internasional yang baru, perpindahan penduduk dari selatan ke utara dalam lingkungan kompetitif baru yang dapat mempercepat proses tersebut, internasionalisasi negara dan membuat negara sebagai agen globalisasi yang baru.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Joseph Stiglitz

Nah, sedangkan menurut Joseph Stiglitz, yang namanya globalisasi adalah integrasi lebih dekat dari negara dan penduduk dunia. Dibawa oleh pengurangan besar biaya transportasi dan komunikasi, dan dipatahkannya rintangan buatan untuk arus barang, jasa, modal, pengetahuan, dan orang di seluruh perbatasan.

  • Pengertian Globalisasi Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Selain beberapa tokoh di atas, terdapat pula tokoh lain seperti Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan yang mengemukakan apa itu globalisasi. Menurutnya, globalisasi adalah suatu proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non manusia.

Setelah kita mengetahui beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli, selanjutnya kita akan bahas pula mengenai dampak positif dan negatif dari adanya globalisasi itu sendiri.

Dampak Positif Globalisasi Sesuai Dengan Beberapa Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Globalisasi-Menurut-Para-Ahli-(2)

  • Kemudahan Dalam Memperoleh Suatu Informasi

Semakin terbukanya dunia internasional, maka memungkinkan pula seluruh informasi dapat tersebar dengan cepat sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi. Apa lagi didukung dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju.

  • Kerja Sama yang Dilakukan Berbagai Negara Menjadi Semakin Mudah

Jika kita temukan berbagai macam produk yang berasal dari mancanegara tanpa kita pergi langsung ke negara tempat produksi barang tersebut, maka secara otomatis kita juga sudah merasakan dampak positif dari globalisasi itu sendiri. Karena kemajuan teknologi yang semakin pesat, juga menjadikan kerja sama berbagai negara juga semakin mudah. Sehingga, terjadinya pasar bebas yang membuat kita dapat menggunakan produk luar negeri juga bisa saja terjadi. Sebagai bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi.

  • Kemudahan Transportasi

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat pula, maka kemudahan dalam bidang transportasi juga ikut berkembang. Dengan demikian, jika diinginkan pengiriman suatu barang antar negara, dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat pula karena adanya perkembangan teknologi transportasi pada saat ini.

Dampak Negatif Globalisasi Sesuai Dengan Beberapa Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Globalisasi-Menurut-Para-Ahli-(4)

  • Pengaruh Budaya Luar Terhadap Budaya Lokal

Untuk dampak yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi pendengaran dan penglihatan kita bukan? Jika Anda melihat beberapa orang menggunakan pakaian maupun bergaya yang tidak sesuai dengan kaidah budaya lokal, berarti dampak negatif dari globalisasi memang sudah benar-benar merambah di lingkungan kita. Selain itu, biasanya dengan dalih gaul atau tertekan gengsi, membuat para orang-orang tersebut enggan untuk kembali memberdayakan budaya lokal dan terus-terusan mengembangkan budaya luar yang jelas-jelas tidak baik dalam hal pelestarian budaya sendiri.

  • Masyarakat Menjadi Individualis

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat manusia lebih memilih akrab dengan teknologi dibandingkan dengan sesama manusia itu sendiri. Sehingga tidak heran terdapat istilah adanya penjajahan teknologi sebagai salah satu bentuk dari dampak negatif globalisasi.

  • Kebanjiran Produk-Produk Luar Negeri

Memang tidak ada salahnya jika kita juga menginginkan dan menjajal beberapa produk yang berasal dari luar negeri. Namun, jika hal tersebut berlebihan, maka akan mematikan produksi-produksi barang-barang dari dalam negeri. Karena pada dasarnya pula, masyarakat tidak terlepas dari kata gengsi dan lebih memilih menggunakan barang-barang luar negeri untuk terlihat lebih bergaya. Jadi, jika para produsen dalam negeri tidak dapat melakukan persaingan dengan produk-produk luar negeri, maka akan berbahaya pula dengan pemasaran produk-produk dalam negeri di era globalisasi pada saat ini.

Sekian informasi tentang pengertian menurut para ahli beserta dampaknya yang telah disampaikai Axefo.com, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Author - September 3, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter