site stats free
 

Orphen Obat Apa? Apa fungsinya?

Mungkin saat anda pergi ke dokter atau dari apotik dan dikasih obat lalu lihat ditulisannya jadi tahu bahwa itu adalah obat orphen. Tapi sebenarnya apa sih obat satu ini? Apa fungsi dan manfaat obat ini?

Bagi sebagian orang mungkin menganggap bahwa orphen obat tidur. Padahal di dalam indikasi obat orphen itu sendiri, obat ini tidak ditujukan sebagai obat tidur. Karena menyebabakan tidur itu hanyalah efek sampingnya saja. Namun banyak orang yang mengongumsi obat ini secara berlebihan sehingga digunakan sebagai obat tidur. Padahal tidak semestinya digunakan.

Fungsi obat orphen

ORPHEN

Obat orphen untuk apa?

Fungsi obat orphen chlorpheniramine maleate 4 mg adalah untuk mengurangi rasa gatal. Jadi sebenarnya obat orphen berfungsi sebagai obat untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit karena alergi dan lainnya. Bukan sebagai obat tidur.

Maka dari itu penyalahgunaan manfaat obat orphen ini perlu diluruskan. Karena jika minum obat pereda flu cair saja sama saja memiliki efek ngantuk, bahkan lebih besar efeknya dari obat ini.

Kegunaan obat orphen untuk mengurangi rasa gatal pada kulit adalah karena cara kerjanya dengan memblokir reseptor pada kulit. Yaitu jika kita konsumsi dan beberapa menit akan mulai bekerja, obat ini akan menekan bagian saraf bagian pusat yang memiliki fungsi untuk menerima rangsangan dari kulit agar lebih berkurang fungsinya.

Jadi dengan ini, kulit kita yang sedang gatal karena ulat, nyamuk, bakteri, alergi, atau lainnya akan segera berkurang dan tidak jadi bentol-bentol yang semakin besar.

Nah akibat dari sedikit pemblokiran dari sistem saraf pusat inilah yang mengakibatkan tubuh kita merasa ngantuk. Jadi sebenarnya obat seperti obat orphen dan obat CTM bukanlah obat tidur. Melainkan obat gatal pada kulit. Penggunaan yang salah adalah hal berbahaya yang bisa berdampak secara jangka panjang bagi tubuh.

Khasiat obat orphen tablet atau orphen chlorpheniramine maleate 4 mg ini memang manjur. Saya sendiri bila membuktikannya rasa gatal akan langsung mereda. Namun dampaknya tidak lama, paling bebeberapa jam saja sampai efek dari obat tersebut hilang kembali.

Orphen obat gatal ini dengan mudah dijumpai di apotek-apotek. Harganya pun tidak terlalu mahal. Mungkin kita bisa membelinya dengan harga tidak sampai 1000 rupiah per tablet.

 

Untuk siapakah obat orphen ini?

Bisa digunakan untuk anak mulai usia 2 tahun tapi harus dengan pengawasan dokter. Inilah beberapa macam dosisnya yang aman:

  • Anak umur 2-6 tahun : 3 kali sehari 1/4 tablet
  • Anak umur 6-12 tahun : 3 kali sehari 1/2 tablet
  • Dewasa : 3 kali sehari 1 tablet

Karena ini obat yang cukup keras, maka diminumlah setelah makan agar tidak terjadi reaksi dengan lambung anda yang akan menjadi perih.

Obat ini memiliki beberapa macam jenis efek samping, diantaranya adalah karena mengantuk, euforia, sakit kepala, tinitus, gangguan peredaran darah, hipotensi, sedasi, mengantuk, kelemahan otot dan juga antimuskarinik.

Jadi sudah tahu kan orphen obat apa? Jika menambah wawasan kamu, silakan share artikel ini untuk mendapatkan berbagai hal yang bermanfaat buat kita semuanya. Sampai jumpa..

Author - Juli 24, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter