site stats free
 

Obat Gudik Kambing Alami Tradisional yang Efektif, Ampuh dan Mudah Dibuat

Perlu anda tahu, gatal-gatal yang ada pada kambing seperti gudik (gudig) atau kudis sangat berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Karena rasa gatal tersebut akan membuat kambing merasa stres sehingga menyebabkan berbagai macam keluhan penyakit lain seperti tidak nafsu makan, selalu kurus, sulit besar, badan tidak klimis dan sebagainya.

Maka dari itu, pemberian obat gatal pada hewan kambing harus dilakukan dengan tepat diwaktu yang tepat pula. Misalnya saat terdapat gejala dan tanda-tanda terkena penyakit kulit, maka harus langsung segera ditangani agar tidak menular ke bagian tubuh lainnya atau ke kambing yang lainnya.

Obat Gudik Kambing Tradisional yang Mudah Dibuat

Obat Gudik Kambing Alami Tradisional yang Efektif, Ampuh dan Mudah Dibuat

Kambing merupakan hewan yang memiliki bulu rambut panjang tidak seperti sapi atau kerbau. Jadi itu sangat cocok sebagai tempat hidup berbagai macam binatang seperti kutu, bakteri, dan lainnya yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti halnya gudik (scabies).

Kondisi yang lembab dan hangat agak panas memungkinkan berbagai parasit tersebut berkembang lebih cepat dan lebih banyak. Maka dari itu, perawatan khusus yang dilakukan rutin setiap bulannya perlu dilakukan guna mencegah terjadinya penumpukan parasit yang menjadikan tubuh kambing sebagai sarangnya.

Mungkin kita bisa menemukan obat gudik kambing yang ampuh namun obat kimia yang memiliki efek samping lain terhadap kulit kambing. Apalagi harga obat gudik kambing seperti wormectin, ivomac dan lainnya tidaklah murah. Jadi membuat dengan obat alami dan tradisional racikan sendiri tentunya lebih baik dan minim efek samping.

Nah berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi penyakit gudik pada kambing dengan ampuh yang bisa anda praktikan dengan mudah dan cepat. Untuk mengetahui seperti apa saja, silakan simak pembahasannya berikut ini ya:

1. Siapkan bahan berikut ini:

  • Oli bekas 3 sendok
  • Cuka 1/2 sendok
  • Betadine 1/2 sendok
  • Minyak kelapa panas 1 sendok
  • Belerang 5 gram
  • Bawang putih 2 siung kecil

2. Haluskan belerang hingga menjadi bubuk gerus pula bawang merah

3. Campurkan semua bahan diatas hingga merata

4. Setelah larutan obat gudik kambing ini dingin baru bisa digunakan

5. Untuk cara pemberiannya pun mudah, tinggal dioles-oleskan saja kebagian tubuh kambing yang memang terkena gudik. Lakukan terus tiap minggu sekali sampai benar-benar sembuh.

Bila kambing anda terus menerus menggarukkan tubuhnya ke kandang, maka lebih baik diikat saja agar tidak melakukan hal ini. Karena jika menimbulkan kerontokan parah dan timbul koreng maka bisa menjadi penyakit serius yang lebih berbahaya lagi.

Cara ini ampuh dan sudah dibuktikan. Tapi semua bahan diatas harus lengkap untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, gunakan pula secara teratur.

Semoga pembahasan mengenai obat gudik kambing tradisional ini efektif dan bermanfaat dalam mengobati penyakit gudik dan kudis pada kambing anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Author - Juli 24, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter