site stats free
 

Fungsi Microsoft Access, Cara Menggunakan, Sejarah serta Kelebihan dan Kekurangannya

Teman-teman tahu gak apa itu Ms Access? Singkatnya, pengertian microsoft access adalah progam aplikasi database terbitan dari microsoft yang digunakan sebagai alat input dan output data.

Ya memang, kita mungkin tidak terlalu familiar dengan apa itu microsoft access, karena dari SMP, SMA/SMK memang diajarkan mengenai Microsoft word, excel, power point. Yang memiliki fungsi umum, tapi tidak diajarkan mengenai microsoft access ini.

Progam microsoft access ini merupakan progam yang sangat penting loh. Mungkin tidak semua elemen membutuhkan. Namun bagi orang yang bekerja dengan memiliki data base penting dan sangat banyak tentunya membutuhkan aplikasi ini.

Fungsi Microsoft Access

Setelah kita tahu apa itu microsoft acces, sekarang kita lanjut kepada bahas yang lebih dalam mengenai bagian yang lebih rinci. Karena saya yakin jika anda memang baru mengenal aplikasi ini pasti dengan bahasan sedikit di atas masih belum paham.

Fungsi Microsoft Access, Cara Menggunakan, Sejarah serta Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Fungsi Microsoft Access?

Fungsi Microsoft Access adalah sebagai alat untuk mencatat semua arsip data. Dengan itu, kita bisa mengindentifikasinya database tersebut daalm sebuah informasi mengenai apa yang ingin kita cari sesuai dengan relasi input dari kita.

Jadi kegunaan ms access ini sebagai pembuat sebuah sistem data dan juga menangani setiap kegiatan manipulasi data. Ini sangat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti perpustakaan, membantu mencatat barang dalam supermarket dan masih banyak lagi.

Jika masih bingung kita bisa ibaratkan dengan hal yang mudah misalnya seperti ini:

Misalnya di swalayan karyawan tentunya harus mencatat persediaan barang setiap saat, menginputnya, berapa yang terjual, berapa yang dibeli, berapa yang dikembalikan karena tidak layak dan sebagainya.

Jika hal itu dicatat satu persatu dengan kode yang begitu banyak, tentunya si karyawan tersebut seharian tidak akan selesai. Maka dari itu, dengan bantuan alat pengolah data ini bisa membuat tugas menjadi ringan hanya dengan memasukan beberapa data penting saja.

Setelah itu jika ingin dicari, kita pun bisa memasukan input kata kunci lalu akan muncul dan bisa dilihat hasilnya kembali kapanpun.

Sejarah Microsoft Access

Tidak ada sesuatu hal pun yang dibuat dengan tidak memiliki manfaat untuk suatu hal. Demikian pula microsoft access ini. Sejarah microsoft access tentunya di awali pembuatannya karena memang mereka tahu betapa pentingnya aplikasi ini untuk memudahkan proses penghitungan data.

Jadi dengan bantuan beberapa fitur seperti table, database, field, record, SQL, query, primarykey, DBMS, RDBMS serta lainnya akan membuat waktu kita lebih hemat dan tidak capek.

Cara Menggunakan Microsoft Access

Cara membuat basis data baru pada microsoft access sebenarnya tak begitu sulit. Dengan interface yang menurut saya mudah dipahami tersebut tentunya membuat kita semakin bisa mengandalkan dan mengatur berbagai hal sedemikian mungkin. Kita tinggal input data yang kita punya lalu dengan tersebut, kita bisa mencarinya dengan mudah.

Manfaat Microsoft Access

Ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh progam ini dalam memudahkan setiap penggunanya untuk membantu menghemat waktu. Misalnya adalah bermanfaat untuk:

  1. Membuat progam persediaan stok barang dari toko
  2. Pembuatan database / basis data buku perpustakaan
  3. Pembuatan aplikasi daftar hadir siswa / mahasiswa
  4. Pencatatan sensus tertentu
  5. Pembuatan jadwal sekolah
  6. Membuat progam untuk gaji karyawan
  7. Pembuatan sistem penerimaan peserta didik baru
  8. Membantu memudahkan sistem
  9. perhitungan laporan keuangan
  10. Dan masih banyak lagi

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access

Kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft access adalah sebagai berikut:

Interface yang mudah digunakan dan nyaman
Penggunaan yang simpel dan praktis

Kekurangannya adalah:

Harganya yang mahal
Karena tidak diajarkan dari kecil, maka dianggap asing oleh sebagian orang

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan microsoft access yang merupakan bagian dari microsoft office. Semoga bermanfaat ya kawan. Sampai jumpa.

Author - Juli 23, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter