site stats free
 

Mengapa Kita harus Mengimani Malaikat Allah SWT?

Mungkin pernah terpikirkan oleh anda semua mengenai pertanyaan berikut ini “mengapa kita harus mengimani malaikat allah?

Lalu sebenarnya apa jawaban dari pertanyaan itu? Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang diciptakan untuk menjadi bagian dari kekuasaan-Nya. Setiap malaikat memiliki tugas masing masing, ada yang sama dengan lainnya ada pula yang tidak. Mereka melakukan semuanya dengan baik dan tanpa membangkang. Berbeda dengan manusia, walau telah diberikan penjelasan mengenai tugasnya, namun kebanyakan mengingkarinya.

Lalu kenapa kita harus mengimani malaikat yang sama sama satu makhluk ciptaan Tuhan?

Mengapa Kita harus Mengimani Malaikat Allah SWT

Mengimani malaikat bukan sekedar karena itu tertuang dalam 6 perkara iman atau rukum iman saja. Keimanan kita benar benar dibuktikan dengan mengimani malaikat. Jadi bukan soal percaya atau tidak percaya, tapi lebih menjurus kepada keyakinan yang sangat dalam.

Inilah alasan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT. Tugas malaikat itu banyak, ada yang menjaga diri kita, mematikan makhluk bernyawa, mengatur hujan, mencatat amal perbuatan, menanyai saat di dalam kubur. Nah disini, totalitas keimanan kita tentang malaikat juga menjurus ke hal lain.

Contohnya dengan mengimani malaikat pencatat amal, akan membuat segala perbuatan kita lebih terhindar dari sikap buruk. Atau dengan mengimani malaikat pencabut nyawa menjadikan kita selalu ingat akan mati. Bisa juga dengan mengimani malaikat penanya di alam kubur, kita jadi mempersiapkan diri untuk menghadapi segalanya.

Jadi perkara mengimani malaikat ini tidak sesederhana yang dilihat. Kita harus yakin bahwa semua gerak gerik kita, dan semua yang ada di jagad raya ini merupakan lingkup kekuasaan Allah. Dan dari masing masing ciptaannya ada malaikat yang mengatur tugasnya.

Kalau kita tidak mengimani malaikat sebagai ciptaan-Nya, kita pasti meragukan sang pencipta-Nya bukan? Maka dari itu, salah satu dari keenam rukun iman tidak boleh dipisahkan satu sama lainnya. Semuanya harus berjalan beriringan terus menerus agar bisa dicap sebagai orang yang beriman.

Jadi ada beberapa kesimpulan mengenai pertanyaan kenapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT. Diantaranya adalah:

1.Perintah Allah
2.Bukti keimanan kita, karena salah satu rukun iman
3.Kepercayaan kepada Allah
4.Menjadikan keimanan secara totalitas
5.Sarana pendekatan kita kepada sang Khalik
6.Sarana penjauhan diri dari setiap keburukan

Itulah beberapa alasan sekaligus jawaban mengapa kita harus mengimani malaikat allah subhanahu wa ta’ala. Secara umum memang seperti itu, tapi bila anda ingin mengulik secara khusus, anda bisa menjabarkannya sendiri.

Jadi sudah jelas bukan mengapa kita harus beriman kepada malaikat? Semoga penjelasan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa kunjungan lainnya di blog ini ya. Terima kasih.

Author - Oktober 27, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter