site stats free
 

7 Makanan dan Minuman Ini yang Anda Butuhkan Agar Tak Terserang Flu

Axefo.com | Musim peralihan seperti saat ini membuat tubuh rentan terserang flu. Meski sering dianggap sepele, namun penyakit ini bisa cukup mengganggu terutama bagi Anda yang bekerja 5 hari dalam seminggu.

Untuk mencegah dan menghindarkan tubuh dari serangan flu, Anda bisa mengkonsumsi minuman atau makanan berikut ini.

Makanan dan Minuman Ini yang Anda Butuhkan Agar Tak Terserang Flu

  • Jahe

Jahe

Jahe bisa diandalkan untuk mencegah flu maupun batuk terutama di musim penghujan. Kandungan dalam jahe mampu menghangatkan perut, meredakan mual, melepaskan racun, mencegah keringat dingin. Cukup dengan mencampurkan jahe ke dalam air hangat dan madu kemudian diminum untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Lemon

Lemon

Buah yang kaya vitamin C ini mampu meningkatkan sistem imun terutama di musim penghujan yang dingin. Kandungan dalam lemon juga baik untuk menetralisir radikal bebas yang mengancam kesehatan, meredakan rasa nyeri serta gejala flu. Anda bisa mendapatkan manfaat lemon ini dengan mencampurkannya ke dalam minuman atau menjadikannya sebagai infus water.

  • Madu

Madu

Madu sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk salah satunya meningkatkan imun tubuh. Madu juga mampu meredakan resiko demam, mencegah infeksi dan menjadi obat batuk alami. Dengan mengkonsumsi air madu hangat, tenggorokan pun bisa terasa lebih lega.

Minum sesendok mad saat batuk pun dipercaya lebih efektif meredakan batuk dan radang dibandingkan dengan obat batuk. Tapi, hindari memberikan madu kepada anak di bawah umur 12 tahun karena beresiko memicu infant botulism.

  • Teh Hijau

Teh Hijau

Penggemar teh hijau patut berbangga karena minuman ini terbukti ampuh menjauhkan Anda dari flu. Minuman ini telah digunakan oleh orang Cina sebagai penangkal sakit sejak ratusan tahun. Teh hijau mengandung zat L-theanine serta antioksidan tinggi yang meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu tubuh lebih cepat sembuh dari flu.

Peminum teh hijau juga diketahui memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Hal ini membuat sel tubuh mereka mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Teh hijau juga mengandung kafein, jadi sangat direkomendasikan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  • Bayam

Bayam

Sayuran hijau yang satu ini mengandung vitamin, zat besi, mineral, kalsium dan folat yang bermanfaat bagi tubuh. Terutama menjaga tubuh agar tetap fit di musim penghujan seperti saat ini. Untuk bisa mendapatkan manfaat optimal dari bayam, sebaiknya sayuran ini dikonsumsi dengan cara ditumis atau dikukus.

  • Dark Chocolate

Dark Chocolate

Dark chocolate tak hanya bisa menjadi temanĀ  diet, tapi juga bisa diandalkan sebagai bahan makanan pencegah flu. Dark chocolate mengandung 70% cacao yang dipercaya mampu melawan dan menyembuhkan flu. Jadi, tak ada salahnya memperbanyak stok dark chocolate di rumah saat musim hujan .

  • Sup Ayam

Sup ayam

Makanan yang satu ini terasa lebih lezat saat disantap di musim penghujan atau di cuaca yang dingin. Sup ayam dipercaya mampu meredakan peradangan penyebab flu dan batuk. Sup ini juga diketahui mampu mencairkan lendir sehingga mengurangi rasa tak nyaman di hidung, dada dan tenggorokan.

Mengkonsumsi sup ayam yang dicampur dengan mi juga membuat khasiatnya jadi lebih optimal. Tambahan karbohidrat membuat sup ini mampu meningkatkan energi. Sedangkan sayuran yang dicampurkan ke dalam sup meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat sakit.

Itulah 7 makanan dan minuman yang dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindarkan tubuh dari penyakit flu. Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari penyakit flu dan batuk meski musim penghujan sedang pada puncaknya.

Author - Maret 5, 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter