site stats free
 

Kenapa Harus ASUS ROG Sebagai Pilihan Laptop Gaming? Simak Alasannya Berikut Ini! #WEAREROG

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa metamorfosa dunia digital membawa pengaruh besar pada semua lini kehidupan manusia, termasuk dalam dunia game. Karena minat masyarakat yang terus meningkat terhadap berbagai jenis game yang saat ini bukan lagi hanya menjadi ajang hiburan tapi juga menjadi ajang mencari penghasilan, maka para developer game pun terus mengembangkan berbagai game dengan visual yang bagus untuk menarik minat semua kalangan. Dampaknya spek komputer yang dibutuhkan pun harus tinggi untuk dapat memainkannya dengan lancar. Nah salah satu laptop yang sangat profesional dalam menjalankan game berat adalah ASUS ROG.

ASUS ROG (Republic Of Gamers) memang dikenal sebagai laptop tingkat tinggi yang dibandrol dengan harga yang sesuai dengan kualitas serta spesifikasinya. Tipe ROG yang memiliki harga yang tidak terlalu mahal namun memiliki jeroan yang sangat mumpuni adalah tipe ASUS ROG GL502VM. Dengan dukungan Intel® Core™ i7 7700HQ quad core generasi ke-7 atau disebut juga generasi kabylake dan graphic card berupa GTX 1060M tentunya membuatnya mampu berlari sangat kencang serta memiliki visual yang sangat bagus dan mulus untuk menjalankan semua jenis game.

Untuk Siapakah ASUS ROG ini?

ASUS ROG secara default memang diperuntukan bagi para hardcore gamers. Namun bila kalian adalah seorang editor, desainer, animator ataupun lainnya, ROG juga tetap menjadi pilihan terbaik. Pasalnya dukungan dari hardware dengan spesifikasi tertinggi didalamnya sangat cocok untuk menjalankan proses seperti editing, rendering, dan semua keperluan berat lainnya. Untuk beberapa tipe pun sangat mendukung dari sisi desain yang tipis serta ringan, sehingga tidak akan mengganggu proses kerja on the go.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan ASUS ROG?

ASUS ROG memberikan berbagai macam keuntungan bari para pemiliknya seperti yang sudah di bahas di infografis di atas. Dengan memberanikan diri untuk memilih ROG daripada yang lain, maka kalian akan mendapatkan berbagai macam keuntungan keuntungan seperti tersebut di atas. Nah untuk memahaminya secara lebih mendetail, berikut beberapa penjabarannya:

a). Laptop dengan “Gaming Experience” Terbaik

Sesuai dengan namanya “Republic of Gamers”, notebook ini memang disegmentasikan untuk kalangan gamers. Mulai dari yang harga 14 jutaan hingga 90 jutaan, laptop ini sudah didesain khusus untuk memberikan pengalaman gaming terbaik. Untuk itulah bila kalian adalah gamers mania, atau bahkan yang tergolong manusia yang tidak bisa hidup tanpa game, maka memiliki ASUS ROG adalah sebuah adat sakral atau sebuah kewajiban.

b). Laptop Premium = Pemilik Premium

Dampak dari sebuah benda bisa mempengaruhi siapa pemiliknya. Salah satunya juga terjadi pada para pemilik ASUS ROG. Sejelek apapun tampang kita, namun bila memiliki laptop ini maka akan tampak berwibawa di mata orang lain. Misal bila saat ngumpul bareng teman di kafe dan kita bawa ROG sementara lainnya bawa “merk lain”, maka kitalah yang paling terlihat keren dan paling trendy dari lainnya. Percayalah!

Logo ASUS ROG sendiri sudah mencerminkan premium brand. Jadi saat kita bawa laptop kemanapun, akan dianggap sebagai laptop premium oleh orang lain.

c). Didesain dengan kesempurnaan dan penuh akan kenyamanan

Karena memang dibuat untuk tujuan “tempur” atau dalam artian memainkan semua game-game berat, maka ROG memiliki standar kenyamanan tersendiri. Mulai dari bentuknya yang presisi, keyboardnya yang empuk, hingga layarnya yang tidak bikin mata sakit. Build quality dari ASUS ROG sudah tidak bisa diragukan lagi, pasalnya dari semua yang pernah memakainya, mereka memberikan testimoni atau review yang bagus.

d). Mampu menjalankan tugas seberat apapun

ROG yang dibuild dengan kartu grafis dan prosesor generasi terbaru, mampu melaksanakan tugas seberat apapun dengan mudah. Mulai dari ngegame, rendering animasi, editing gambar, bahkan juga digunakan oleh para animator perusahaan animasi yang sangat terkenal untuk berbagai keperluannya. Maka dari itu, kita tak akan khawatir lagi terhadap hal-hal yang sering dialami oleh beberapa laptop biasa seperti lag, blank, tearing, stuck, hingga mati tiba-tiba.

Hal-hal yang Harus Kalian Tahu Tentang Laptop Gaming

Sebelum melanjutkan ke inti pembahasan, mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya, apa sih yang membedakan antara laptop gaming dengan laptop biasa. Sebenarnya laptop gaming bukan hanya mengunggulkan spek saja, berikut adalah hal lainnya yang harus kamu tahu:

1. GPU lebih diprioritaskan daripada CPU

GPU (Graphic Processing Unit) adalah bagian pemrosesan grafis 3D dalam laptop. Sedangkan CPU (Control Processing Unit) merupakan otak dari segala pemrosesan data dalam sebuah laptop atau komputer. Jika bicara tentang “laptop gaming”, maka prioritas GPU lebih tinggi daripada CPU.

Hal ini dikarenakan untuk memproses sebuah game tentunya membutuhkan grafis visual yang sangat bagus, sehingga membutuhkan GPU terbaru dengan spesifikasi terbaik. Maka dari itulah ASUS ROG selalu menggunakan tipe GTX 10 Series di setiap perangkatnya.

Sedangkan CPU kenapa tidak seprioritas GPU walau tetap sama-sama memiliki peran yang “sangat penting” dalam laptop gaming adalah karena game tidak terlalu membutuhkan banyak pemrosesan data seperti halnya kebutuhan desain, editing, pembuatan animasi dan rendering maupun lainnya. Game terberat saat ini, hanya menggunakan prosesor berkecepatan 2,6 GHz saja masih mulus dan lancar.

Misalnya saja kita lihat pada seri ASUS ROG GL553VD memiliki harga 16 jutaan dan memiliki CPU berupa Intel Core i7 7700HQ (kabylake) berkecepatan 2,8 GHz. Sedangkan ASUS ROG GL502VS yang jauh lebih mahal yaitu sekitar 30 jutaan memiliki prosesor Intel Core i7 6700HQ (Skylake) yang justru hanya memiliki kecepatan 2,6 GHz. Jadi prioritas GPU dalam laptop gaming lebih krusial daripada CPU.

2. Sistem pendingin harus canggih

Saat menjalankan game, CPU dan GPU bekerja keras bersamaan. Keduanya tentunya akan sangat panas untuk menjalankan semua aktivitas gaming tersebut. Maka dari itulah laptop gaming harus menggunakan sistem pendingin yang mumpuni.

Namun kadangkala sistem pendingin yang mumpuni menyebabkan laptop mengembang dimensinya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku pada ASUS ROG Zephyrus. Dengan teknologi AAS (Active Aerodynamic System) mampu membuatnya menjadi laptop gaming tertipis di dunia yang tetap dingin tanpa suara bising walau dipakai gaming berlama-lama.

3. Kualitas Storage dan RAM lebih penting daripada ukurannya

Perlu kalian tahu, RAM berkapasitas 8 GB sebenarnya sudah mampu melahap game berat. Sekalipun harus menjalankan multitasking saat main game pun ukuran tersebut masih sangat mumpuni. Karena yang terpenting disini disamping ukurannya adalah kualitasnya. RAM generasi terbaru tentunya memberikan performa terbaik dan tercepat sehingga tidak akan membuat lag maupun hang.

Demikian pula dalam hal storage. Misalnya daripada memilih SATA SSD 512 GB lebih baik memilih NVMe SSD dengan ukuran 128 GB saja. Karena kualitas dari SSD generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan hingga 6 kali daripada SATA SSD dan 20 kali daripada SATA HDD. Sehingga saat booting maupun membuka aplikasi tidak akan terasa lemot.

4. Resolusi layar harus tinggi

Agar mata tidak pedih dan pegal saat bermain game lama-lama, maka layar dari laptop gaming harus memiliki resolusi yang tinggi. Jika layar memiliki resolusi tinggi gambarnya pun akan tampak sangat jelas dan sangat detail. Bila kalian berniat ingin membeli laptop game, usahakan minimal dari resolusi layar yang digunakan adalah 1920 x 1080 pixel atau masuk kedalam tipe Full HD (FHD).

Namun bila ingin mendapatkan kualitas yang lebih baik, beberapa laptop ASUS ROG seperti varian GX800, GX700  dan GX701 sudah menggunakan layar 4K Ultra HD (UHD). Tentunya ini sebuah pertimbangan yang sulit antara harga dan kualitas bagi siapapun yang berencana membelinya.

5. Keyboard wajib menawan

Keyboard dengan ASUS Aura RGB pada ASUS ROG mampu mengkombinasikan 8 juta warna. Warna yang dihasilkan pun sangat bagus dan jelas. Alasan kenapa keyboard dari semua jenis laptop gaming harus menggunakan bakclight warna tertentu adalah agar memudahkan saat memainkan game saat malam hari atau dalam keadaan gelap.

Selain itu, keyboard yang disegmentasikan secara  khusus untuk laptop ini pun memiliki travel distance terbaik, penanda pada WASD keys dan juga memiliki numeric keypad yang menjadikan pengalaman gaming lebih mudah dan lebih cepat. Sehingga kalian tak akan melakukan kesalahan sedikitpun dalam menekan tuts yang menyebabkan kalah dalam permainan.

Lalu Kenapa Harus ROG, Bukan yang Lain?

Dunia gaming memiliki peningkatan pertumbuhan yang sangat tinggi setelah berbagai generasi baru dari dukungan perangkat maupun dari teknologi pengembangan game itu sendiri ditemukan akhir-akhir ini. Para developer game seperti Ubisoft, Naughty Dog, Konami, EA Sports, Rockstar Game, Activision, Bethesda dan lainnya pun langsung ambil bagian besar dalam memanfaatkan kemajuan teknologi ini sebagai sebuah peluang yang sangat besar.

Jika kalian mengikuti perkembangan dunia game, pasti tahulah game yang akan rilis pada September 2017 ini yaitu PES 2018. Tentunya selain itu pasti banyak lagi game yang nantinya akan terus berkembang dengan berbagai seri yang lebih seru dengan grafis lebih memukau seperti halnya game Dota, Dark Souls, The Surge, GTA, Far Cry, Battlefield, Snipper, Resident Evil, Forza Horizon, Titanfall, Dishonored, Vampyr, Tom C., Need for Speed, Dying Light, Absolver, Watch Dog, Get Even, The Witcher, Elder Scroll, dan sebagainya.

Maka dari itulah selain kita yang harus mengikuti perkembangan zaman, notebook atau laptop kita pun harus mengikutinya juga agar tidak bebal bila disuruh menemani game-game terbaru tersebut.

Nah ASUS ROG yang telah lahir sejak tahun 2006 ini merupakan pilihan yang paling tepat bagi siapapun juga termasuk kalian yang ingin memiliki laptop gaming terbaik dan tercanggih. Ada berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget kalian.

#ROG seakan menjadi “Dewa Asa bagi Gamers Bertalenta” seperti kita semua. Karena produk satu ini telah terbukti tangguh untuk menghadapi segala rintangan dan tantangan dalam bermain game.

Bila penasaran kalian terhadap ROG semakin menjadi-jadi, berikut kami berikan informasi bermanfaat untuk kalian tentang berbagai alasan kenapa kamu akan menyesal jika tidak punya ASUS ROG. Silakan simak ulasannya:

1. Primadona Sang Juara

Seperti motto nya yang berbunyi “The Choice of Champion” memang benar-benar laptop ini dikhususkan untuk para pemenang. Terbukti kebanyakan para gamers ternama dunia dan para animators dunia bahkan berbagai perusahaan-perusahaan ternama menggunakan ROG sebagai pilihan mereka.

Alasan kenapa sang juara lebih memilih ROG daripada merk lain adalah selain memiliki inovasi dan performa yang tinggi, juga ROG terkenal sebagai premium brand. Sehingga kesan wibawa akan muncul saat di bawa bepergian untuk gaming maupun berkreasi bersama teman-teman.

Bagi kalian yang berada di pedesaan dengan koneksi internet yang lemot pun tidak usah khawatir jika punya ROG. Kalian tetap bisa menjadi bagian dari para juara. Pasalnya teknologi GameFirst sudah tersemat di dalamnya, sehingga aktivitas ngegame pun dapat berjalan lancar walaupun tanpa koneksi internet yang memadai.

Berkat teknologi GameFirst III pada beberapa tipe seperti GL502VM dan juga GameFirst IV pada laptop papan atas seperti GX800 akan mengoptimalkan jaringan trafik internet dan juga alokasi bandwidth nya. Sehingga saat digunakan untuk bermain game, akan selalu lancar dan tidak akan terjadi delay sedetikpun.

GameFirst ini adalah sebuah tools yang dapat dijadikan sarana bagi para gamers yang dirancang untuk motherboard ASUS ROG dalam memaksimalkan akselerasi dan juga jaringan internet dari sebuah game. Jadi pemain akan mendapatkan koneksi terbaik walau dalam penerimaan sinyal yang tidak maksimal.

Disana kalian bisa mengatur prioritas dengan memilih mode game dan memblokir lalu lintas untuk aplikasi. Sehingga seluruh jaringan koneksi internet baik upload ataupun download semuanya dikerahkan untuk keperluan gaming. Nah disana kalian akan menemukan 4 fitur yaitu:

  • Aplication: mengatur optimisasi, mode game, dan juga mode straming.
  • Network monitor: melihat aplikasi yang menyedot banyak bandwidth.
  • Bandwidth Test: mengetes kecepatan dari ISP untuk sesi upload dan download.
  • Network information: melihat semua informasi tentang jaringan yang sedang digunakan.

Let’s Join The Republic! #WEAREROG #ASUSROGID

2. Performa Tiada Tandingan

Asus ROG selalu hadir dengan performa terbaik di kelasnya. Di pasaran memang banyak produk laptop dengan berbagai varian yang memiliki spesifikasi tinggi, namun jika dibandingkan ROG untuk harga serupa, mereka masih kalah dengan total performa yang dimiliki ASUS ROG.

Sebagai laptop gaming, pemilihan kartu grafisnya pun sangat diperhatikan. Untuk semua tipe, sudah menggunakan kartu grafis 10 series ke atas. Untuk prosesornya sendiri semua sudah menggunakan intel i7 generasi terbaru skylake dan kabylake. Jadi performanya sudah benar-benar mumpuni untuk membabad habis semua game hingga memenangkan semua jenis pertempuran.

Berbagai fitur-fitur yang turut hadir pun melengkapi performa dari ROG sehingga membuatnya lebih bertenaga. Selain itu, hadirnya ASUS Gaming Center pun memberikan kebebasan kustomisasi bagi kita untuk mengatur performa laptop itu sendiri.

3.  Memiliki Beragam Varian

Dari ketiga jenis seperti pada informasi pada gambar di atas, ketiganya dibagi lagi menjadi beberapa tipe.

*). Untuk tipe GL (entry level) meliputi: GL502, GL552, GL553, GL702.

*). Untuk tipe G (high  end) meliputi: G501, G701, G752.

*). Untuk tipe GX (enterprise) meliputi: GX501, GX 700, GX701, GX800.

(Untuk embel-embel huruf dibelakang tipe menunjukkan versi dari masing-masing tipe tersebut)

Dari kesemua tipe di atas, ada beberapa yang saya rekomendasikan untuk kalian beli. Berikut beberapa diantaranya beserta dengan informasi spesifikasinya:

*. SERI GL: GL502VM

GL502VM merupakan seri tertinggi dari “entry levelnya” ASUS ROG. Karena itu, walau memiliki harga yang masih terjangkau namun desain yang diusungnya dibuat semewah mungkin dengan balutan warna silver dan juga ada yang warna hitam pada bodinya.

  • Prosesor: Intel®Core™ i7 6700HQ 2,6 GHz up to 3,5 GHz.
  • Graphics Card: Nvidia GeForce GTX 1060M 6GB DDR5 VRAM
  • RAM: 16 GB DDR4 2133 MHz
  • Storage: 1 TB HDD 7200 Rpm + 256 GB PCIE SSD
  • Layar: 15’6 Inch dengan resolusi FHD (1920 x 1080) IPS with LED backlight
  • OS: Windows 10 Home
  • Koneksi: Bluetooth, Wifi
  • Audio: Support Win 10 Cortana with Voice + ICEPOWER Technology
  • Webcam: Ya
  • Interface:
    • 1 x COMBO Audio Jack
    • 1 x  Microphone-in/ Microphone-out jack
    • 1 x USB 3,1 TYPE C port
    • 1 x USB 3.0 port
    • 1 x RJ45 LAN jack
    • 1 x AC adapter plug
    • 1 x mini display port
    • 1 x SD card reader
    • 1 x HDMI slot
  • Dimensi: 390 mm x 266 mm x 235 mm (P x L x T)
  • Baterai: 4 Cells (hingga 6 jam untuk browsing).
  • VR: VR Ready

*. SERI GL: GL553VD

Bisa dikatakan tipe GL553 adalah tipe terendah dengan harga paling terjangkau dari semua varian ASUS ROG. Walaupun demikian, laptop yang menyasar para gamers unggulan ini menanamkan spesifikasi yang tidak main-main dan desain kompak yang mampu digunakan untuk “gaming on the go”. Berikut detail tentang spesifikasi yang dimilikinya:

  • Prosesor:  Intel® Core™ i7 7700HQ 2,8 GHz up to 3,8 GHz (sama dengan seri GX501 / Zephyrus).
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 1050 , with 4GB GDDR5 VRAM
  • RAM: 2 x SO-DIMM socket , up to 32 GB SDRAM
  • Storage:  SATA HDD 1TB 7200RPM + NVMe SSD 128GB
  • Layar: 15.6″ (16:9) IPS LED backlit FHD (1920×1080) 60Hz with Matte Panel dan 178˚ wide-viewing angle display
  • OS: Windows 10 Home
  • Konektivitas: Bluetooth, Wifi
  • Webcam: Ya
  • Interface:
    • 1 x USB 3.1 TYPE C port
    • 2 x USB 3.0 ports
    • 1 x USB 2.0 port
    • 1 x RJ45 LAN Jack
    • 1 x HDMI
    • 1 x Microphone out / in jack
  • Dimensi: 15.07 inch x 10.03 inch x 1.18 inch (P x L x T)
  • Baterai:  4 Cells (dapat bertahan kurang lebih 8 jam)

*. SERI G : G752VS

Seri G752VS memiliki ketangguhan yang luar biasa dibalik desainnya yang sangat memukau dengan balutan warna plasma copper dan armor titanium yang terinsipirasi dari iron man.

  • Prosesor: Intel® Core™ i7 6820HK Intel Core™ i7 6700HQ
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 1070 , with 8GB VRAM
  • RAM: 64 GB DDR4 2400MHz SDRAM,
  • Storage: 1TB 7200RPM SATA HDD + 256GB/512GB PCIE Gen3X4 SSD (RAID0)
  • Audio: Built-in Stereo 2 W Speakers And Digital Array Microphone
  • Layar: IPS 17.3″ (16:9) LED backlit UHD (3840×2160) with Anti-Glare 60Hz Panel with 100% Adobe + G-Sync
  • OS: Windows 10 Home
  • Konektivitas: Integrated 802.11 AC Wifi, Built-in Bluetooth V4.1
  •  Interface:
    • 1 x Microphone-in jack
    • 1 x Headphone-out jack (SPDIF)
    • 1 x HDMI
    • 1 x mini Display Port
    • 1 x SD card reader
    • 1 x USB 3.1 TYPE C port(s)
    • 1 x RJ45 LAN Jack
  • Dimensi: 42.8  x 33.4  x 5.3  cm (P x L x T)
  • Berat: 4,4 kg
  • Baterai: 8 Cells 90 Whrs

*. SERI GX: GX800VH

Sebagai seri tertinggi dari ASUS ROG, suksesor dari pendahulunya yaitu ASUS GX700 ini memiliki kelebihan dalam semua hal, mulai dari memiliki 2 slot GTX 1080 yang merupakan kartu grafis  untuk PC, bukan laptop dan prosesor laptop tertinggi saat ini yaitu Intel Core i7 7820HK yang masih dapat di overclock untuk menambah performa hingga 4,4 GHz. Berikut adalah spesifikasi yang dimilikinya:

  • Prosesor: Intel® Core™ i7 7820HK 3,8 Ghz overclock up to 4,4 Ghz.
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 1080 SLI , with 16GB VRAM
  • RAM: 64 GB DDR4 2800MHz SDRAM
  • Storage: 1.5TB PCIE Gen3X4 SSD (RAID0)
  • Layar: 18.4″ (16:9) LED backlight UHD (3840×2160) + Anti-Glare Panel with 100% Adobe with G-Sync
  • OS: Windows 10 Pro
  • Koneksi: Integrated 802.11 AC wifi + Built-in Bluetooth V4.1 + External Antenna
  • Audio: Built-in Stereo 3 W Speakers and Microphone + ASUS Sonic Studio
  • Webcam: Ya
  • Interface:
    • 1 x Microphone-in jack
    • 1 x Headphone-out jack (SPDIF)
    • 1 x USB 3.1 Type C port
    • 1 x HDMI
    • 1 x Type C USB 3.1 (GEN2) Thunderbolt
    • 3 x Type A USB 3.0 (USB 3.1 GEN1)
    • 1 x RJ45 LAN Jack
    • 1 x Docking port (HOT swap)
    • 1 x mini Display Port
    • 1 x SD card reader
  • Dimensi: 45.8 cm x 33.8 cm x 4.54 cm (P x L x T)
  • Baterai: 8 Cells 71 Whrs
  • VR: Vr Ready
  • Keyboard: Mechanical Keyboard

*. SERI GX: GX501 / Zephyrus

GX501 menjadi laptop terbaru dari varian ASUS ROG. Penamaan Zephyrus sendiri berasal dari sebuah nama dewa angin barat kepercayaan dari bangsa kuno. Hal ini wajar, karena ASUS  sendiri berasal dari nama Pegasus yang juga salah satu nama dewa. Selain keunggulan dalam hal pengolahan grafis karena memiliki graphic card berupa GTX 1080, laptop ini pun memiliki desain yang sangat tipis dan ringan. Tentunya sangat memukau terhadap siapa saja yang melihatnya.

  • Prosesor: 2.8GHz Intel Core i7-7700HQ (quad-core, 6MB cache, up to 3.8GHz)
  • Graphics Card: Nvidia GeForce GTX 1080 (8GB GDDR5X VRAM); Intel HD Graphics 630
  • RAM: 24 GB DDR4 (2,400MHz)
  • Storage: 512GB M.2 PCIe x4 SSD
  • Layar: 15.6-inch, IPS Full HD (1,920×1,080) anti-glare, wide-view panel (120Hz refresh rate + Nvidia G-Sync)
  • OS: Windows 10 Pro
  • Koneksi: Integrated 802.11 AC wifi + Built-in Bluetooth V4.1
  • Audio: Built-in Stereo 2 W Speakers And Digital Array Microphone
  • Webcam: Ya, HD Webcam
  • Interface:
    • 1 x Thunderbolt 3 (USB Type-C)
    • 4 x USB 3.0
    • 1 x HDMI
    • 1 x 2.0 headset jack
    • 1 x mini display port
    • 1 x SD card reader
  • Dimensi: 14.9 inch x 10.3 inch x 0.66 inch (P x L x T) tebal = 1,7 cm
  • Berat: 2,2 kg
  • Baterai: 8 Cells
  • VR: Vr Ready

4. Selalu Hadir dengan Inovasi Terbaru

Salah satu inovasi yang paling terkenal adalah penggunaan Hydro Overclocking System (HOS) pada ROG type GX800. Seperti yang kita tahu, bahwa prosesor yang digunakan adalah prosesor dengan berakhiran K (unlock) yang bisa di overclock oleh penggunanya. Prosesor tersebut adalah Intel i7 7820HK mampu di overclock hingga pada kecepatan 4,4 Ghz yang hampir sama kecepatannya dengan intel i7 7820 versi dekstop atau PC. Jadi kita bisa akan kagum sendiri terhadap gegasnya kemampuan yang dimilikinya.

Karena kecepatan yang terlalu ngebut tersebut, akhirnya ASUS ROG menggunakan teknologi “Hydro Overclocking System” secara terpisah yang dipasang pada bagian belakang laptop. Dengan teknologi ini, pastinya walau berlari sekencang apapun, laptop akan tetap dingin dan aman digunakan.

Cara kerja dari HOS ini adalah dengan membuang panas dari GTX 1080 SLI serta 2 x 330w Power Adapter. Cairan yang ada didalam “cooling module” dipompa dengan dua buah radiator yang akan mengelola hawa panas, nantinya cairan tersebut akan kembali ke cooling module kembali. System koneksinya pun sudah sangat aman sehingga tak perlu khawatir bila terjadi kebocoran.

Memang, salah satu inovasi yang paling terasa adalah pada ASUS Zephyrus soal desain dan ASUS GX700/GX800 soal performa dan sistem pendingin. Walau sebenarnya semua memiliki inovasi masing-masing tapi inovasi pada kedua perangkat itulah yang paling terasa. Misalnya ASUS Zephyrus yang menggunakan Max-Q Design.

Apa itu Max-Q Design?

Sistem pemberian nama ini sebenarnya terinspirasi dari istilah dalam sebuah industri penerbangan rocket yang melambangkan tekanan yang sangat esktrim saat tahap peluncuran. Jadi filosofinya mengarah pada keseimbangan dimensi terhadap berbagai sistem komponen serta efisiensi dari laptop itu sendiri. Jadi walau memiliki performa yang tinggi, laptop ini dirancang secara keseluruhan agar memiliki desain ramping dengan menajemen termal yang sangat bagus.

Max-Q Design ini kompatible pada kartu grafis dari NVIDIA pada tipe GTX 1060, 1070 dan juga GTX1080 yang dapat digunakan di PC dan mobile seperti notebook. Jadi notebook yang menerapkan Max-Q Design pasti sudah sangat optimal dalam hal manajemen software, hardware, thermal, kelistrikan hingga driver nya tanpa mengorbankan sisi portabilitas.

5. Material Berkelas dan Desain Menawan

Material yang digunakan untuk casing ASUS ROG semuanya memang menggunakan bahan alumunium berkualitas tinggi. Untuk beberapa tipe, bagian dalamnya menggunakan high quality plastic.

Warna yang diusung oleh semua varian ASUS ROG memang bisa dibilang “cool” atau kalem. Karena warnanya tidak jauh dari warna gelap seperti merah, hitam dan juga balutan warna silver. Namun walau memiliki warna yang kalem, performa yang dimiliki oleh semua tipenya sangatlah garang.

Karena memiliki material berkualitas tinggi, kalian tidak akan lagi menemukan bekas sidik jari tertinggal pada bodi laptop ini. Sehingga laptop akan terkesan mulus dan bersih terawat walaupun dipakai terus menerus.

Tipe GL mengusung jargon gaming on the go yang bisa dibawa ngegame kemanapun. Untuk tipe GL552VX sendiri mengusung desain sangat menawan yakni terinspirasi dari pesawat tempur F-22 dan memiliki ukiran khas suku maya.

Tipe G mengedepankan desain yang terinsipirasi dari iron man dan bentuknya sangat elegan. Tipe G memiliki desain paling revolusioner dari semua jenis laptop gaming yang pernah ada.

Tipe GX adalah kesempurnaan dari sebuah maha karya. Mulai dari desain, warna, corak hingga bentuk kesuluruhan sangat menawan. Misalnya saja ASUS GX501, walau tergolong laptop monster tapi memiliki dimensi yang tipis dan menawan karena menggunakan Max-Q design.

6. Dapur Pacu Generasi Terbaru

Semua versi terbaru dari ROG menggunakan prosesor intel i7 generasi terbaru alias generasi ke 7 atau disebut juga kabylake. Dibandingkan dengan generasi keenam (skylake), generasi terbaru ini memiliki berbagai keunggulan. Beberapa macam keunggulan tersebut meliputi:

A. Lebih cepat

Seperti laporan dari intel, bahwa intel i7 generasi ke-7 memiliki kecepatan hingga 65% lebih tinggi pada notebook dan hingga 35% pada PC. Selain itu pun sudah mendukung semua jenis kartu grafis generasi terbaru dan tercepat dikelasnya, bahkan kartu grafis untuk PC sekalipun bisa digunakan untuk mobile seperti laptop. Dari intelnya sendiri pun sudah meningkatkan dukungan terhadap Intel Iris Plus Graphics yang membuat pengalaman gaming lebih mulus tanpa lag.

B. Performa lebih baik

Setelah melalui proses pengujian, diketahui bahwa intel generasi ke tujuh memiliki kemampuan performa 20% lebih tinggi daripada generasi sebelumnya. Selain itu, juga memiliki kenaikan sekitar 12% dalam sektor peningkatan produktivitas.

Dalam melakukan optimalisasi ini, Intel pun melakukan perubahan terhadap arsitektur CPU itu sendiri. Sehingga bisa bekerja lebih baik dan lebih cepat walau dalam banyak tekanan sekalipun. Hal semacam ini tentunya sangat cocok untuk laptop gaming.

C. Lebih hemat daya

Walau diklaim lebih cepat dan tenaga yang lebih besar, namun intel generasi ke 7 diklaim lebih hemat daya. Kabylake memiliki rasio performance / watt yang lebih kecil, sehingga lebih efisien terhadap peningkatan komputasi tanpa terjadi peningkatan penggunaan daya listrik. Karena hanya menggunakan 4,5W tapi memiliki efisiensi hingga 10 kali lebih baik daripada generasi pertama yang menggunakan 18W.

Selain itu, proses fabrikasi yang dibuat lebih kecil hanya 14nm membuat lebih irit baterai dan tidak membuatnya cepat panas. Ini adalah perubahan besar yang membedakan dengan seri-seri sebelumnya yang menggunakan fabrikasi 22nm.

D. Dukungan sistem keamanan yang memadai

Intel i7 terbaru sudah memperkuat sistem keamanannya melalui dukungan hardware yang lebih canggih. Misalnya pengguna tidak perlu mengingat dan mengetik password lagi untuk masuk laptop. Dukungan terhadap sistem keamanan lain seperti sidik jari pun lebih memadai, sehingga bisa lebih cepat dan lebih akurat.

E. Adopsi teknologi 4K UHD

4K UHD mampu menyajikan gambar dan grafis hingga 3 kali lebih baik daripada Full HD. Tentunya dengan dukungan teknologi ini, ROG pun sudah memanfaatkannya untuk beberapa seri laptop kelas atas. Terlebih penggunaan IPS screen yang membuat warna jauh lebih detail dan dalam.

7. Banyak Mendapat Penghargaan Bergengsi

Sedikit penjelasan dari infografis di atas, bahwa ASUS ROG merupakan gaming brand nomor 1 di dunia. Hal ini sudah dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diraihnya sangat banyak. Dari tahun 2016 hingga sampai saat ini sudah lebih dari 2095 awards.

Penghargaan bergengsi ini pun diberikan oleh mereka dari media dan pihak yang bergengsi pula. Dia memenangkan berbagai penghargaan dari CES, Taiwan Excellence, Kitguru, CHIP, 3D News, dan masih banyak lagi. Penghargaannya pun bukan hanya sekali dua kali saja, tapi tiap tahun pun menjadi juara tetap, terlebih soal inovasi.

Market Share for Laptop Gaming in The World. Survey by 3Dnews.ru dengan total jumlah 3407 partisipan yang sebagian besar adalah gamers.

Dengan berbagai predikat terbaik tersebut tentunya sudah membuktikan bahwa ASUS ROG merupakan pilihan notebook gaming terbaik yang dapat kalian beli. Perlu kalian tahu juga, bahwa ASUS ROG menguasai hampir 40% market share untuk laptop gaming dan sisanya adalah berbagai merk laptop gaming lain. Hal ini berarti ROG adalah pilihan yang paling menarik perhatian para gamers.

Berikut adalah sedikit penghargaan dari keseluruhan yang ada:

8. Grafis Card Terbaru dan Tercepat

Jika bicara soal grafis, laptop gaming adalah juaranya. Hal ini karena kualitas grafis dalam game haruslah tajam dan jelas untuk menghindari kualitas yang terjadi seperti lag ataupun kurang detail pada unit terkecil. Kartu grafis yang disematkan di laptop gaming selalu memiliki spesifikasi tertinggi dikelasnya. Nah untuk ASUS ROG sendiri, sudah menggunakan NVIDIA GeForce GTX 10 Series.

Jika kita lihat pada ASUS GX800VH yang merupakan rajanya ROG, sudah menggunakan teknologi NVIDIA SLI pada GTX 1080 SLI. SLI (Scalable Link Interface) merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan multi GPU Nvidia pada motherboard bersetifikat SLI. Bagi kalian yang sering menggunakan AMD-ATI tenunya mengenal dengan sebutan CrosfireX, tapi di NVIDIA, namanya adalah NVIDIA SLI.

Dengan menggunakan teknologi ini, akan mendapatkan 2 kali performa bila dipasang 2 VGA Card dan 2,8 kali performa apabila dipasang 3 VGA Card. Jadi tentunya powernya sangat jauh lebih tinggi daripada pemasangan VGA Card tunggal yang selama ini dilakukan di seluruh laptop. Terlebih dengan double 330 w power adapter akan menjadikan laptop GX800VH menjadi platform gaming yang ketangguhannya tak akan ada yang mengalahkan.

Untuk versi pertengahan pun seperti pada ROG G752VS sudah menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1070 berarsitektur pascal. Jadi selain memberikan dukungan penuh terhadap setiap permainan dan dapat menikmati VR generasi terbaru. Kartu grafis dari NVDIA ini juga memberikan efisiensi energi sehingga lebih hemat daya. Nah untuk versi paling murah saat ini yaitu ASUS GL553VD pun dibenamkan NVIDIA GeForce GTX 1050 dengan memori 4GB DDR5. Jadi semuanya sudah menggunakan GTX 1000 ke atas.

Nah berikut ini adalah data dari benchmark  ASUS ROG GL502VM yang menggunakan GeForce GTX 1060 saat memainkan game Crysis 3:

Grafik hasil benchmark  ASUS ROG GL502VM yang menggunakan GeForce GTX 1060 saat memainkan game Crysis 3.

9. Sistem Operasi Terkuat

Kebanyakan tipe laptop ASUS ROG di jual bundling bersama dengan Windows 10 64 bit didalamnya (pre-installed). Untuk tipe-tipe yang tinggi seperti halnya ASUS GX501 sudah menggunakan Windows 10 Profesional. Sementara untuk tipe bawahnya kebanyakan menggunakan Windows 10 Home.

Dengan hadirnya Windows 10, Microsoft telah menciptakan platform game yang ideal. Menggabungkan berbagai macam karakteristik terbaik dari berbagai rasa Windows selama bertahun-tahun, Windows 10 menawarkan “fitur dan fungsionalitas” yang luar biasa dibandingkan pendahulunya.

GeForce telah menjadi GPU pilihan untuk kunci demo DX12  dari Microsoft. Hal tersebut tentunya akan menggabungkan GPU tercepat di dunia dengan driver grafis berkualitas tinggi yang dibuat untuk mencapai tampilan sempurna pada fitur generasi berikutnya.

Ada fitur eksklusif yang disematkan di Win 10 yang pasti sangat disukai oleh para gamers seperti kalian. Fitur baru tersebut adalah WDDM 2.0 dan DirectX 12. Secara bersama-sama, fitur ini memberikan efisiensi serta kinerja yang luar biasa. Driver GeForce Game Ready telah terbukti sangat efisien dengan API seperti DirectX 11. Kini dengan kedatangan DirectX 12, ini akan lebih efisien lagi, sehingga berakibat pada utilisasi CPU yang lebih rendah, peningkatan utilisasi GPU, dan pada akhirnya laptop mampu berkinerja lebih tinggi.

Perlu kalian tahu, bahwa NVIDIA telah bekerja sama dengan Microsoft selama bertahun-tahun untuk mengembangkan DirectX 12, dengan dukungan hardware yang dirancang ke dalam semua arsitektur GPU Fermi, Maxwell, maupun Kepler untuk memaksimalkan fungsionalitas serta kinerja perangkat.

Seiring dengan peningkatan kinerja dan fleksibilitas , DirectX 12 juga menyertakan dukungan pada sektor grafis  yang memungkinkan pengembang game membuat visual dan gameplay baru yang lebih luar biasa. Efek dan teknik baru ini mencakup Asynchronous Compute , Volume Tiled Resources, Conservative Raster, Tiled Resources, Typed UAV Access, Bindless Textures, Raster Order Views, dan masih banyak lagi.

Para developer game yang sekarang dipersenjatai dengan DirectX 12, era baru game akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

10.  Kapasitas RAM yang Lega

Semua jenis ROG sudah menggunakan RAM dengan kualitas terbaik yaitu type DDR4. Untuk tiap-tiap versi memiliki kapasitas RAM yang berbeda-beda. Namun semuanya bisa kita upgrade sesuka hati. Misalnya pada type yang paling affordable yaitu GL553VD saja bisa kita upgrade dengan kapasitas hingga 32 GB. Jadi misal kita kurang puas dengan RAM yang ada, kapanpun bisa di upgrade.

Bisa dikatakan, ROG tidak pelit dalam membenamkan kapasitas dalam laptop gaming. Karena RAM memiliki pengaruh yang cukup besar saat menjalankan proses gaming. Untuk tipe G752VS saja sudah mempunyai RAM berkapasitan 64 GB dengan 4 slot. Apalagi RAM DDR4 ini berjalan pada kecepatan 2400 MHz yang masih bisa di overclock. Kecepatan ini lebih tinggi hingga 12,5% daripada kecepatan RAM jenis biasa.

Pemilihan DDR4 pada semua jenis RAM untuk ASUS ROG selain karena memiliki performa yang lebih mumpuni, juga memiliki efisiensi tenaga yang lebih besar hingga 30% dan juga memiliki bandwidth 20% lebih besar daripada RAM dengan jenis DDR3.

11. Display Super Jernih dan Anti Silau

Layar pada seri atas seperti GX 800 sudah menggunakan 4K UHD gaming LED backlight display. Nah untuk tipe-tipe di bawahnya kebanyakan sudah menggunakan layar beresolusi full HD (1920 x 1080 pixel). Namun semua jenis layarnya sudah menggunakan jenis IPS Screen. Sehingga warna lebih tajam, lebih adem, dan lebih hemat daya.

Sebagai informasi, IPS (In Plane Switching) Screen merupakan jenis layar yang memiliki kualitas sangat bagus untuk layar notebook. Namun harganya pun jauh lebih mahal. Maka dari itu, untuk merk lain dengan harga serupa masih menggunakan layar jenis TN Panel, bukan IPS.

ASUS ROG memiliki panel wide view yang ekstra cepat, yaitu mencapai 120 Hz. Jadi walau kalian melihat dari kemiringan yang sangat tajam hingga 178 derajat pun warna dan akurasinya tak akan berubah. Teknologi ini pun akan memberikan kontras dengan konsistensi warna paling baik. Untuk versi tinggi seperti ASUS Zephyrus, layar yang digunakan sangat tinggi kualitasnya. Yang mana ia menggunakan 100% SRGB gamut. Sedangkan untuk versi bawahnya banyak yang menggunakan 72% NTSC color gamut, namun it juga sudah sangat bagus.

Selain itu, penggunaan Matte panel pada layarnya akan menghalau silau yang sangat menganggu bila dipakai “gaming on the go”. Jadi kalian benar-benar bisa fokus dalam menghadapi medan perang.

Selain layar, kita singgung sedikit mengenai teknologi lain untuk tampilan layar tersebut. Berkat teknologi NVDIA G-Sync yang ada di beberapa tipe seperti GL502VM hingga tipe GX800 akan menyuguhkan tampilan game yang sangat-sangat mulus dan lancar serta performa grafik game tercepat tanpa mempengaruhi performa sistem. Hal ini dikarenakan NVIDIA G-Sync bertugas dalam mensinkronkan refresh rate dari layar dengan frame rate GPU. Sehingga berbagai gangguan yang sering dialami dalam game seperti stutter, lag, tearing pun tidak akan terjadi.

12 . Penyimpanan Data Super Cepat

Apabila kita amati gambar di atas, menunjukan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Hyper Driver Raid 0 dan juga penggunaan NVMe PCIe SSD yang ditest oleh AS SSD dan juga IOMeter. Dari hasilnya kita tahu bahwa kemampuan keduanya jauh lebih baik daripada competitor Raid 0 dan juga AHCI PCIe SSD yang selama ini digunakan untuk laptop gaming merk lain.

Hyper Driver dari ROG sendiri menggunakan MLC (Multi Level Cell) NAND yang jauh lebih tahan banting saat harus membawa beban kerja yang sangat berat. Selain itu, kinerja pemrosesan data pun jauh lebih baik dan lebih cepat.

Sementara penggunaan SSD nya adalah jenis NVMe (Non Volatile Memory Express) yaitu sebuah teknologi terbaru dari PCIe yang lebih baik daripada AHCI (Advanced Host Controller Interface). Sehingga berakibat pada kegiatan menulis, membaca data lebih maksimal. Selain itu, teknologi ini mampu meminimalkan menulis latensi dan membaca acak.

Kapasitas penyimpanan antar masing-masing perangkat ROG berbeda-beda. Namun kesemuanya sudah sangat cukup untuk menyimpan segala data dan juga kebutuhan gaming. Tak tanggung-tanggung, untuk versi GL553 sebagai versi dengan harga paling terjangkau pun sudah menggunakan 1 TB HDD dengan kecepatan 7200rpm dan SSD super cepat berkapasitas hingga 256 GB.

Bila kalian rasa kapasitas SSD yang sudah sebesar itu masih belum cukup, maka bisa menambahkan SSD tambahan melalui slot M.2 yang bisa diaplikasikan dan diakses oleh kalian dengan mudah. Jadi masih kurang apalagi coba ASUS ROG ini?

13. Keyboard yang Nyaman

Untuk beberapa tipe, keyboard yang digunakan menggunakan ASUS Aura RGB backlight yang dapat kita kostumisasi settingnya pada setiap tuts keyboard dalam memberikan warna LED yang berbeda-beda hingga lebih dari 8 juta kostumisasi warna. Nah untuk beberapa tipe lain masih menggunakan RED backlight yang memancarkan warna merah saja.

Selain itu, MechTAG keyboard dengan tacticle switches positive clicking action pada tipe GX800 dan illuminated tactile switch pada tipe lainnya membuat sangat nyaman saat digunakan bermain gaming. Apalagi dengan fitur anti ghosting 30 key rollover yang dapat ditekan secara bersamaan dengan fungsi sesuai urutan. Penambahan penanda highlight pada ASD dan QWER key serta terdapatnya numerick keypad pada beberapa seri seperti ASUS Zephyrus membuatnya semakin memudahkan kendali serta kontrol yang sangat presisi dalam setiap pertempuran.

Perlu kalian tahu, bahwa key travel yang dimiliki semua tipe ROG sangat tinggi. Misalnya pada ASUS GX800, G752 dan GL553VD berada pada angka 2,5 mm. Jadi sangat-sangat nyaman, responsif dan akurasinya ekstra, untuk type GL502VM pada 1,6 mm saja sudah sangat terasa empuk sehingga mampu mendominasi medan perang. Untuk type ROG 501 yang merupakan laptop gaming tertipis pun masih di atas 1 mm travel distance keyboardnya. Berbeda dengan laptop premium lain yang hanya pada kisaran 0,5 mm saja yang tentunya membuat kurang nyaman.

Kekuatan tombol keyboard pun sangat luar biasa. Hal ini karena ia mampu menahan hingga 20 juta kali ketukan. Jadi bila anda pencet sampai 20 juta kali pun tak akan rusak.

14. Cooling System yang Revolusioner

sistem pendingin laptop

Dibandingkan para pesaingnya, teknologi sistem pendingin yang dimiliki ASUS jauh lebih maju dan lebih canggih. Misalnya inovasi “water cooling” yang dimiliki oleh laptop ASUS GX700 merupakan inovasi pertama kali dalam sejarah yang mengguncang dunia laptop.

Di seri lain ASUS membenamkan sistem hyper cool duo copper. Teknologi ini memungkinkan masing-masing kipas mendinginkan GPU serta CPU secara terpisah. Pada seri ASUS GL502VM yang ringan dan sangat portabel pun menggunakan sistek pendingin revolusioner semacam ini, sehingga suhu CPU dan GPU dapat terkontrol dengan baik yang menjadikan pengalaman gaming tidak akan lag dan grafis gamenya menjadi tidak patah-patah.

Sedangkan di laptop keluaran terbaru yakni ASUS ROG GX501, teknologi pendingin yang disematkan yakni sistem pendingin paling revolusioner. Pemanfaatan AAS (Active Aerodynamis System) yang akan membuat bagian bawah laptop sedikit terangkat saat layar dibuka mampu memberikan ekstra sirkulasi udara 20% yang berdampak pada pengurangan suhu sebesar 20%.

Selain itu, teknologi 3D Vapor Chamber seperti pada ASUS G752VS yang berisi cairan khusus yang ketika panas berubah jadi gas dan kembali lagi menjadi cairan sehingga mampu mendinginkan GPU dan prosesor yang di overclock hingga pada suhu 7°C. Sehingga umur laptop lebih tahan lama.

15. Konektivitas yang Memadai

Selain memiliki interface yang banyak sebagai pilihan alat transfer data, konektivitas yang dimiliki oleh ASUS pun memiliki teknologi terbaru. Fitur ini memungkinkan untuk transfer data dengan sangat cepat seperti menggunakan wifi 802.11ac atau 802.11b/g/n, bluetooth v4.0 maupun v4.2 yang akan memberikan pengalaman transfer data nirkabel dengan super cepat.

Sebagai informasi, intergrasi teknologi wifi 802.11ac pada laptop ROG mampu menangani kecepatan transfer data hingga 1,75 Gb per detiknya. Sehingga ketika kalian ingin melakukan transfer data maupun digunakan untuk terhubung ke koneksi internet, maka bisa mendownload dan upload dengan sangat cepat. Selain itu, teknologi bluetooth v4.2 pun memiliki kecepatan tiada tandingan, yaitu dapat digunakan untuk keperluan transfer data hingga pada kecepatan 2,5 kali lebih cepat daripada v4.1

16. Interface Super Lengkap

Salah satu keunggulan yang dimiliki ASUS ROG daripada lainnya adalah tersematkannya teknologi Intel Thunderbolt onboard yang mampu melakukan transmisi data yang sangat tinggi. Hal ini berarti kemampuannya berkali kali jauh lebih cepat daripada penggunaan teknologi lainnya.

Perpaduan dengan USB type C pun memberikan kecepatan transfer data super cepat tanpa mempedulikan arah dengan kecepatan hingga 40Gbps. Kalian bisa dengan mudah menghubungkan dengan berbagai perangkat seperti halnya smarthone untuk kebutuhan transfer data dengan lebih cepat dan minim terjadi kerusakan data saat transfer.

Selain itu, tersedia pula HDMI 2.0 dislpay port yang mampu digunakan menyambungkan monitor dengan 4K TV yang memiliki layar lebar. Sehingga pengalaman game jauh lebih seru dan semakin mengangkan. Terdapat pula beberapa port USB 3.1 Gen-2 dan Gen-1 yang mampu disambungkan dengan gaming gear kalian.

Tiap tipe memiliki interface yang berbeda. Ada yang jumlahnya banyak, ada pula yang sedikit. Sebagai perbandingan, kalian bisa melihat pada nomor 3 di atas. Namun secara umum, semua tipe ROG memiliki interface seperti halnya:

  1. Microphone-in/Headphone-out jack
  2. USB 3.1 Type C port(s)
  3. Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
  4. RJ45 LAN Jack for LAN insert
  5. HDMI
  6. Mini Display Port
  7. AC adapter plug
  8. Multi-format card reader (SDHC/SDXC/MMC)

17. Audio yang Menggelegar

Untuk urusan audio sendiri, tiap tipe memiliki fitur masing-masing. Ada yang menggunakan ASUS Sonic Master, Icepower, Sonic Studio maupun Sonic Radar yang akan membuat pengalaman gaming menjadi jauh lebih seru dan mengasyikan berkat suara menggelegar dan tidak pecah.

Misalnya pada ASUS ROG GX800 yang sudah menggunakan Sonic Studio II yang akan meningkatkan kualitas dari suara yang dihasilkan. Tak hanya itu, penggunaan DAC ESS SABRE akan memberikan sample rate hingga 8 kali lebih baik, memiliki peningkatan bass yang lebih bagus, dan juga DNR (Dynamic Range) yang lebih tinggi.

Perlu kalian tahu, dengan teknologi spesial yang dimiliki ROG, mampu melindungi speaker agar dapat terkendali panasnya. Sehingga walau digunakan terus menerus akan tetap dingin terjaga. Tak hanya itu, walau dipakai dengan volume tertinggi pun speaker tidak akan pecah.

Apabila menggunakan headset, kualitas suara pun tak kalah dengan mendengarkannya melalui speaker secara langsung. Walaupun didengarkan dari headset, suara yang dihasilkan juga lebih kaya, lebih detail, lebih dalam dan juga rendah dari distorsi. Bisa dipastikan, kalian tak akan kelewatan satu momen suarapun dari keseruan dalam pertempuran dalam game.

Fungsi dari Sonic Radar sendiri adalah untuk mendeteksi musuh dalam pertempuran melalui sebuah on screen overlay. Sehingga akan menunjukan posisi relatif dari suara langkah kaki, tambakan, suara teriakan musuh dan lainnya.

18. VR Ready for ROG!

Biasanya laptop yang bisa digunakan untuk bermain game virtual reality adalah laptop papan atas dengan harga mahal. Tapi kalian bisa menemukannya pada versi GL502VM yang sudah mengadopsi kartu grafis berupa GTX 1060 yang ready VR.

Pengalaman VR akan lebih smooth bila kita gunakan NVIDIA GeForce GTX 1080 SLI yang tersemat pada ROG GX800. dengan frame rates yang lebih dari 90 FPS, tentunya pengalaman gaming bersama VR akan bebas dari stutter dan sangat lancar. kalian bisa menggunakan headsets VR yang sudah tersedia banyak dipasaran.

19. ASUS ROG Gaming Center

Melakukan overclocking pada laptop tentunya tidaklah mudah, selain harus bisa “mengoprek” jeroan dan softwarenya, risiko yang ditimbulkan pun cukup besar, seperti kerusakan total pada CPU maupun GPU nya.

Nah dengan adanya ASUS Gaming Center pada semua tipe ROG, kita bisa melakukan overclocking hanya dengan satu sentuhan. Dari aplikasi tersebut pun kita dapat mengatur voltase, putaran kipas, menurunkan daya baterai dan masih banyak lagi. Sehingga untuk keperluan gaming tidak akan terjadi kendala lagi.

Aplikasi eksklusif ini pun dapat membuat performa gaming semakin tangguh dengan hanya satu sentuhan saja untuk overclocking CPU, GPU, VRAM, DRAM dan lainnya. Misalnya pada GX800 bisa dioverclock dengan mudah hingga pada angka 4,4 Ghz, untuk kartu grafisnya pun dapat ditingkatkan hingga angka 2075MHz. VRAM nya sendiri mampu mencapai angka 5200 MHz, sedangkan DRAM nya mampu pada angka 2800MHz. Performa setinggi itu bisa dicapai tanpa perlu mengoprek laptop, tapi tinggal menggunakan sentuhan dari ASUS ROG Gaming Center.

ROG GAMING CENTER menjadi pusat kontrol terpadu untuk mengakses dan memonitor informasi, mengatur makro sebuah game, setting audio, merekam gameplay dan lainnya. Nah untuk mengetahui beberapa fitur dari ROG gaming center, silakan perhatikan penjelasannya berikut ini:

  • Overclocking: fitur ini bergungsi untuk melakukan overclock terhadap CPU, GPU, VRAM dan juga DRAM pada beberapa perangkat seperti GX700, GX701, GX800.
  • Splendid: pada menu ini berfungsi dal mengatur kecerahan warna, ketajaman gambar, dan juga kontras . Dalam fitur ini, ada beberapa macam mode. Diantaranya: normal, theater, vivid, dan manual.
  • Audio Wizard: kalian bisa mengoptimalisasi keluaran audio agar sesuai dengan fungsi yang sedang digunakan. Dalam fitur ini terdapat beberapa mode, diantaranya adalah: war room, battlefield, multimedia, action, soundspace, dan off. Fitur ini ada pada perangkat seperti G501VW, G572VS dan GX501.
  • ROG GameFirst: bila ingin ngegame tapi kualitas internet di daerah kalian sangat buruk, maka dapat mengaturnya di fitur ini agar pembebanan koneksi dan bandwidth masuk ke game semua, alias tidak bocor ke aplikasi lain.
  • Fan Speed: pada beberapa tipe, fungsi ini tidak ada. Namun pada beberapa tipe lain namanya adalah system fan boost, docking fan control, dan lainnya. Sehingga bila terasa sangat panas, kita bisa atur kecepatan kipas agar lebih cepat.
  • Turbo Gear: pada fitur ini berfungsi untuk melihat informasi serta mengatur CPU, GPU dan memory yang meliputi frekuensi, perf limiter, temperatur, penggunaan data, dan voltase. Jadi bisa kalian lihat dan atur sesuka hati.
  • Selain itu, ada fitur lain seperti kalibrasi lanjutan untuk pelepasan memori, XSplit Gamecaster, Sonic Studio, Disable Win Key, MakroKey, pengaturan warna keyboard dan lampu logo yang ada di beberapa perangkat.

Note: Interface dari ASUS ROG GAMING CENTER beserta fungsinya antara satu tipe dengan tipe yang lain berbeda-beda. Hal ini karena bergantung pada dukungan fitur dan hardware yang ada pada masing-masing perangkat.

Untuk memudahkan setiap pengaturan, lebih baik kalian mengatur tiap-tiap profil antara profil 1, 2, 3 dan seterusnya. Sehingga bila sedang ngegame menggunakan profil satu, sedang untuk keperluan normal menggunakan profil 2 dan seterusnya.

20. Mikrofon yang Cerdas

ROG memiliki fitur “noise gate” yang akan mengurangi noise, sehingga suara yang dihasilkan pun jernih tanpa noise. Berkat teknologi ASUS Sonic Studio Perfect Voice pulalah pengambilan suara menjadi sangat sempurna, stabil, jernih dan jauh dari suara bising.

Microphone yang ada biasanya dipakai bersama webcam untuk keperluan streaming bila ingin video call bersama dengan gamers lainnya. Fungsi ini tetap memiliki prioritas tinggi untuk suatu keperluan tertentu, tapi yang jelas penggunaannya dalam game tidak memiliki frekuensi yang tinggi.

Mikrofon ini pun sudah bisa mengenali suara kita untuk menggunakan Cortana sebagai fitur bawaan Windows 10. Jadi kita bisa memerintah notebook hanya dengan ucapan saja. Menarik bukan!

21. XSPLIT GAMECASTER

Fitur XSplit merupakan sebuah kunci yang sengaja dibuat untuk membuka XSplit Gamecaster dengan satu sentuhan. Nantinya bersama dengan XSplit ini kalian bisa melakukan broadcast, streaming serta recording dari setiap pengalaman gaming yang kalian lakukan. Sehingga hasilnya nanti bisa kalian upload di Youtube atau sosial media lain.

Walau terlihat sederhana, fungsinya sangat berharga bagi para gamers yang sering eksis di dunia maya seperti mereka yang tiap harinya hanya mengandalkan uang dengan menjadi “pereview game” yang sedang populer di kalangan masyarakat. Perlu kalian tahu, sebenarnya fitur ini berbayar, tapi kita bisa mendapatkan gratis secara lifetime bila menggunakan ASUS ROG.

22.WebCam yang Jernih

Fungsi webcam sendiri sebenarnya tidak terlalu penting dalam sebuah laptop gaming, karena jarang terpakai dalam suatu pertempuran, tapi rasanya tidak afdol bila laptop mahal tapi tidak menghadirkan webcam. Maka dari itu, ASUS ROG menghadirkan webcam untuk berbagai keperluan seperti video calling dengan para gamers lain ataupun sekedar untuk bercermin melihat wajah kita saat sedang bosan.

Build quality dari kameranya pun tak main-main, dengan menggunakan HD Webcam, kualitas yang dihasilkan jauh lebih cerah, sedikit noise dan juga bening. Sehingga untuk keperluan apapun akan terasa maksimal tanpa gangguan.

23. Baterai yang Hemat Daya

Laptop gaming yang memiliki tenaga ekstra besar tentunya menghabiskan daya yang besar pula. Namun tidak dengan ASUS ROG. Berdasarkan pemakaian game, ASUS ROG bisa bertahan untuk dipakai terus menerus antara 4 jam untuk yang menggunakan 4 cells dan sampai 10 jam untuk yang memiliki 8 cells tergantung masing-masing type.

ROG telah dirancang sejak awal agar baterai bisa irit, misalnya pada GL553VD yang terkenal sebagai laptop gaming on the go yang memiliki daya hidup sangat lama. Misalnya mulai dari penggunaan GPU terbaru yang lebih irit, penggunaan RAM jenis DDR4 yang mampu menekan 30% pengeluaran daya, jenis layar, hingga berbagai inovasi system pendingin yang tentunya sangat berpengaruh terhadap keiritan baterai.

Biasanya alasan kenapa ASUS ROG tidak irit baterai adalah karena penggunaan fitur NVDIA G-Sync yang terus aktif walau tidak sedang bermain game. Untuk mengantisipasinya, kalian bisa menurunkan voltase dengan masuk ke ASUS ROG Gaming Center. Sehingga penggunaan baterai lebih irit tanpa mengurangi performa dari laptop itu sendiri.

24. Keamanan yang Memadai

Semakin laptop tersebut membawa teknologi dengan generasi terbaru, maka laptop tersebut pun semakin aman. Karena dengan dukungan dari hardware seperti prosesor dan software seperti OS akan berkolaborasi dalam menutup celah keamanan sehingga tidak bisa dimasuki oleh tangan-tangan jahil atau para hacker.

Beberapa sistem keamanan yang dimiliki oleh ASUS ROG meliputi:

  1. Kensington lock
  2. BIOS Booting User Password Protection
  3. HDD User Password Protection and Security

25. Memiliki Sertifikat Lengkap

Beragam sertifikasi dimiliki oleh ROG seperti halnya  dari: ULTUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, dan juga dari RoHS.

Dengan memiliki sertifikat yang beragam tersebut, tentunya ASUS ROG menjadi produk yang telah diakui dan diuji oleh berbagai macam lembaga yang bersangkutan yang menandakan bahwa produknya sudah terbukti kualitasnya dan dapat digunakan dengan baik serta aman oleh seluruh usernya.

26. Ketahanan yang Sangat Super

Berbagai test yang dilakukan terhadap ASUS ROG dimaksudkan untuk menguji seberapa tahan saat terjadi penggunaan tak wajar oleh pengguna saat sudah dilepas ke pasar nantinya. Berbagai test yang dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya adalah:

  • Test Tekanan: pengujian ini berfungsi untuk mengukur kekuatan casing laptop dari tekanan keras apakah mampu melindungi layar atau tidak. Sehingga misal ditindih pengguna saat tertidur hingga mencapai beban puluhan kilogram akan tetap kuat. Atau bisa jadi saat pengiriman atau dalam tas tidak sengaja tertindih beban lain yang berat maka akan tetap utuh.
  • Tes Goncangan: uji coba terhadap goncangan, benturan dan getaran tinggi dimaksudkan untuk mengukur ketahanan ROG terhadap goncangan saat digunakan gaming on the go. Selain itu, dengan test ini pun dapat diketahui mengenai kekencangan mur atau baut pada setiap rangka laptop.
  • Test Engsel: laptop tentunya seringkali dibuka tutup hingga ribuan bahkan puluhan ribu kali semasa pemakaiannya. Nah untuk menguji agar benar-benar kuat, maka dilakukan pengujian pada engsel dengan cara dibuka tutup dalam jumlah hingga puluhan ribu kali untuk mengukur seberapa kokohnya engsel tersebut.
  • Test Penjatuhan: laptop akan dijatuhkan dengan jarak beberapa cm yang berguna untuk memastikan laptop kuat bila tidak sengaja jatuh. Selain itu, test ini pun dapat menguji kekuatan laptop secara keseluruhan agar tahu seberapa kuat bila saat pengiriman terjatuh, terbentur maupun terkena perlakuan kasar.
  • Test Suhu Ekstrim: karena pengguna dari ASUS ROG adalah seluruh dunia yang memiliki berbagai iklim mulai dari yang sangat panas/kering seperti di gurun dan sangat dingin atau lembab seperti halnya di kutub, maka ASUS ROG sebelum meluncur ke pasaran akan menjalani sesi uji dengan dimasukan suhu yang sangat rendah dan sangat tinggi.
  • Test Software: serangkaian test ini berguna untuk mengukur “kesiapan dan kelengkapan” dari hardware beserta software dalam memainkan game yang sangat berat nantinya. Sehingga bila diketahui terjadi proses lag, atau performa yang terasa lelet, maka bisa segera di perbaiki hingga menjadi siap tempur.
  • Test Abrasi: test ini dilakukan dengan mengabrasi permukaan ROG untuk mengetahui apakah tahan terhadap berbagai goresan, percikan air hingga meninggalkan sidik jari ataukah tidak. Dengan test ini pun dapat diketahui warnanya sampai beberapa jangka waktu yang lama.
  • Test Penekanan Keyboard: pada tahapan ini, keyboard di test tentang tingkat kenyamanannya, kedalamannya, penenakan hingga ribuan kali, hingga di uji LED backlight nya.

Jadi bila kalian ingin membeli laptop ini, maka jangan khawatir terhadap durabilitasnya. Karena ASUS ROG sudah teruji dan terjamin mampu bertahan lebih lama daripada laptop biasa.

27. Garansi 2 Tahun Dimana Saja

Apabila kalian membeli produk ROG, maka akan mendapatkan 2 tahun garansi hardware global. Misal belum sampai 2 tahun tapi sudah ada kerusakan yang bukan disebabkan kesalahan kita, maka hal tersebut bisa kita klaim garansinya di berbagai ASUS Service Center di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri pun bisa asalkan masih memiliki kartu garansi resminya.

Masa garansi 2 tahun merupakan waktu yang sangat lama bagi sebuah perangkat seperti notebook ini. Yang mana berdasarkan pengalaman sendiri, dalam waktu pemakaian 1 tahun saja seringkali terjadi kerusakan pada berbagai alat elektronik seperti smartphone, laptop, TV, dan lainnya.

28. Dapat Banyak Bonus

Setiap pembelian produk ASUS ROG, kalian akan mendapatkan bonus yang didapatkan secara cuma-cuma seperti backpack bag, headphone, mousepad dan juga mouse. Sehingga kalian tak perlu lagi membelinya secara terpisah yang tentunya harganya mahal.

Kualitas dari bonusan tersebut pun sangat bagus. Dengan menggunakan material berkualitas ditambah balutan warna hitam serta merah menyala khas ROG membuatnya sangat menawan dan tampak super premium.

Dengan 28 alasan di atas, setidaknya kami sudah meyakinkan kalian para pecinta game untuk membeli produk ROG sebagai notebook gaming dengan fitur, kualitas serta harga terbaik yang pernah ada.

Manakah Tipe Terbaik yang Harus Saya Beli?

Setelah membaca, memahami dan membandingkan antara satu tipe dengan tipe lainnya, tentunya kalian sudah paham tentang semua penjelasannya. Namun apakah masih bingung dalam memilih tipe manakah yang paling cocok?

Untuk menentukan manakah ASUS ROG yang ingin kalian pilih ada 4 pertimbangan yang dapat dijadikan pedoman. Berikut poin-poinnya:

1). Spesifikasi

Dari semua jenis ASUS ROG, silakan dipahami dulu masing-masing spesifikasinya. Mulai dari hardware, software, fitur, kelebihan, kekurangan, desain, bobot, dan masih banyak lagi. Untuk menemukan penjelasan mengenai spesifikasi masing-masing notebook secara lengkap dan detail, kalian dapat membacanya di Pusat Data Produk ASUS ROG Indonesia. Disana bisa menemukan 10 produk dan membandingkan antara satu dengan lainnya.

2). Faktor “suka”

Tahap selanjutnya setelah berhasil memilih laptop berdasarkan speknya, kita tinggal melihat berdasarkan faktor suka. Diantara semuanya pasti ada “faktor” yang menarik perhatian. Jika ada banyak jenis yang disukai, maka pilihlah yang paling menarik daripada yang lain. Misalnya lebih suka karena desainnya yang keren, fiturnya yang lengkap, bodynya yang ringan, warnanya yang bagus, performanya yang paling cepat dan lainnya. Tentukan sesuai pendapat kalian masing-masing.

3). Kebutuhan

Setelah kalian menemukan produk yang dipilih berdasarkan faktor spek dan faktor pendapat pribadi, sekarang tinggal menyeleksi kembali berdasarkan kebutuhan. Bila kalian seorang hardcore gamers, tentunya memilih produk yang paling sesuai untuk kebutuhan sehari-hari.

4). Harga

Ini adalah sistem filter terakhir yang sekaligus paling menentukan manakah produk yang mau dibeli. Setelah semuanya diatas dipilih dan tidak memenuhi kriteria dalam hal pembiayaan alias keterbatasan modal untuk membelinya, maka kalian harus mengulangi pemilihan produknya dari poin pertama.

Jadi keempat hal di atas harus diperhatikan baik-baik sebelum membeli ROG. Mulai dari membandingkan speknya > memilih yang paling disukai > menyesuaikan berdasarkan kebutuhan > menimbang dalam hal pembiayaan.

Namun setelah melakukan proses di atas tapi masih belum bisa menentukan mana produk yang terbaik untuk dibeli, maka saya sarankan untuk memilih ASUS GL502VM.

Kenapa ASUS ROG Strix GL502?

ASUS ROG tipe satu ini memiliki beberapa kelebihan walau tergolong ke dalam entry levelnya dari ketiga jenis ROG. Sebagai seri tertinggi di jenisnya, tentunya punya keunggulan tersendiri. Yaitu memiliki harga yang terjangkau, spesifikasi sudah sangat mendukung untuk menjalankan game apapun, bentuk kompak dan ramping sehingga cocok dibawa berkreasi dan ngegame dimanapun, dan yang terpenting desain sangat menawan, terlebih warna silvernya dengan aksen-aksen yang melekat membuat semakin memukau perhatian.

Walau jika dari luar terlihat kalem, tapi bila sudah mencobanya pasti kalian akan mengatakan bahwa ini adalah laptop yang sangat garang soal performa. Selain itu, build qualitynya serta fiturnya pun tak main-main. Laptop ini sudah mengadopsi berbagai fitur terbaik yang mampu mengoptimalkan performa gaming kalian.

Berikut beberapa keunggulan dadi ASUS ROG STRIX GL502:

1. Tipis dan Ringan

ROG Strix GL502 merupakan notebook yang dikemas dengan ringkas dan desain yang ultra-portable. Ketebalan yang dimilikinya hanya 23,5 mm dan bobotnya pun hanya 2,2 kg, sehingga memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman “high-end” gaming dimanapun dan kapanpun (gaming on the go).

2. Punya 2 Pilihan Warna, Black and  Gunmetal Silver

Warna menjadi daya tarik tersendiri bagi masing-masing orang. Maka dari itu, ROG Strix GL502 hadir dalam 2 pilihan warna, yaitu hitam dan gunmetal silver. Hitam melambangkan kesolidan, ketegasan dan kekuatan seperti performanya. Sedangkan warna silver memberikan kesan mewah, glamour, dan menawan seperti desainnya. Jadi masing-masing orang dapat memilih sesuai kesukaan masing-masing.

3. Opsi Upgrade untuk RAM

Bagi sebuah notebook gaming, memiliki opsi upgrade terutama untuk RAM adalah hal yang sangat diperlukan. Pasalnya untuk menambah performa dan kecepatan dalam bermain game, salah satunya adalah dengan dilakukan upgrade. Nah RAM pada STRIX GL502 ini bisa kita upgrade dari 16 GB hingga 24 GB dengan jenis RAM DDR4.

4. Penyimpanan Super Massive

Penyimpanan yang esktra besar memiliki peranan yang sangat krusial bagi laptop gaming. Pasalnya selain digunakan untuk menyimpan data game dan semua data lainnya, penyimpanan ini pun memiliki peran dalam mempercepat pemrosesan data seperti copy data, transfer data, dan sebagainya. Maka dari itulah notebook GL502 ini dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD sebesar 256 GB, dan SATA HDD sebesar 1 TB.

5. Selalu Dingin Walau untuk Pertempuran

Sistem pendingin yang canggih yang dimiliki ROG Strix GL502 ini menggunakan system “Hyper Cool Duo – Cooper” seperti yang sudah saya bahas pada bahasan menyeluruh di atas. Dengan teknologi intelligent thermal design seperti inilah efisiensi pendinginan lebih maksimal sehingga stabilitas laptop tetap terjaga walau saat ngegame marathon sekalipun.

6. Keyboard Super Nyaman

Keyboard chiclet dengan tactile berupa red backlit scissor switch yang di highligt pada WASD keys dalam notebook ROG GL502 ini akan memberikan kemudahan untuk mengetahui kemana jari harus menekan tombol. Selain itu, suguhan tuts dengan travel distance sebesar 1,6 mm akan memberikan sentuhan yang sangat nyaman dan presisi. Sehingga pengalaman gaming akan lebih intens.

7. Layar Super Tajam

Agar kalian bisa lebih fokus pada game yang dimainkan, layar notebook itu sendiri pun harus cukup lebar dan mendukung resolusi layar yang memadai. Maka dari itulah, ROG Strix GL502 ini sudah mendukung FULL HD (1920 x 1080) pixel dalam panel 15 inci. Jenis layar yang digunakanpun adalah IPS Screen, sehingga bisa dilihat dengan baik dari kemiringan yang ekstrim. SRGB 100% pun membuat warna jauh lebih kaya dan dalam. Salah satu fitur yang sangat penting adalah G-SYNC yang akan memberikan visual yang mulus, bebas dari lag, tearing, dan stutter.

8. Audio Super Jernih

Audio dari ICEPOWER akan menjadikan kualitas suara jauh lebih jernih dan dalam. Desain speaker built-in pun telah diposisikan dengan sangat baik. Hal inilah yang menjadikan kualitas audio akan maksimal saat bermain game sehingga seolah-olah bisa tampak masuk ke dalam game itu sendiri, terutama bila menggunakan VR dan headset yang berkualitas.

Bagi yang ingin tahu informasi lebih detail mengenai ASUS GL502 ini bisa kunjungi laman: ASUS ROG Strix GL502VM.

9. Harga Sesuai Ekspetasi

Kalian bisa mendapatkan GL502VM dengan harga Rp26.299.000. Sebenarnya, bisa kalian dapatkan mulai dari Rp23.799.000 untuk opsi yang lebih rendah lagi yaitu yang menggunakan GTX1060 dengan VRAM berukuran 3 GB. Untuk yang versi 6 GB bisa didapatkan dengan harga 26 jutaan tersebut.

Kalian bisa membelinya sekarang juga di ASUS Store terdekat di kota kalian. Bila belum tahu tentang lokasi ASUS Store terdekat, maka bisa melihatnya daftar lengkapnya mulai dari dealer, area, alamatnya, hingga nomor teleponnya pada halaman berikut: Informasi ASUS Store Seluruh Indonesia.

Sebagai bonus, kalian akan mendapatkan ROG backpack yang bisa digunakan untuk keperluan wadah saat ingin gaming on the go di wifi corner, atau saat ngumpul di rumah teman. Sehingga di bawa kemana-mana akan ringkas dan aman karena sudah dilengkapi dengan busa tebal yang melindungi dari benturan dan tekanan. Bagaimana? Tertarik untuk membeli ASUS ROG Strix GL502VM atau tertarik dengan tipe ROG lainnya?

Let’s Join The Republic!

Ayo gabung bersama Republic of Gamers dan jadilah bagian dari para pemenang. Rasakan keseruannya dengan menjadi peran dalam sebuah kemenangan.

#WEAREROG
#ASUSROGID
#ROG

*. Semua logo maupun merk yang tertera di atas adalah hak cipta dan merk dagang dari perusahaan terkait.

*. Untuk gambar dan materi terkait, diolah dari berbagai sumber seperti dari asus.com/id, ASUS Fanspage FB ROG Indonesia, twitter.com, dan google.co.id.

Author - September 10, 2017

10 tanggapan untuk “Kenapa Harus ASUS ROG Sebagai Pilihan Laptop Gaming? Simak Alasannya Berikut Ini! #WEAREROG”

  1. Udin anas berkata:

    Memang asus rog laptop impian ny para gamer.. untuk kerja multitask bs smpe muntah2 saking cepet nya.. the best lah pokoknya.

  2. Wah harganya pantastis juga yah. Tapi speknya juga very very very fantastis juga ya gan. Kapan2 pengin beli nih tapi harus nabung berapa bulan nih…

  3. Undi berkata:

    Whoaaaaa mahal banget harganya. Tapi jujur keren banget, apalagi desain yang G752 tuh mantap banget.

  4. Kuncoro berkata:

    Harganya bisa buat Dp di perumahan kampung saya, Gan…
    Kalo 2nd nya bisa turun sampe berapa persen, yah.,..?

    • Admin berkata:

      Kalau setahun pemakaian paling gak sampai turun pada angka 20%. Karena jeroannya selalu yang terbaru.

  5. kamaruddin vian berkata:

    spesifikasinya mengerikan gitu untuk GX 800, GTX 1080 SLI 2 buah wow, gimana grafisnya.

    BTW Intel core i7 semua ya?

    • Admin berkata:

      Betul, intel i7 kabylake (generasi ke-7) yang merupakan generasi terbaru untuk mobile device seperti notebook.

  6. Dunia Faisol berkata:

    Panjang dan sangat lengkap detail banget ya mas penjelasannya, aku juga nulis dengan tema yang sama. Grafis pendukungnya juga kuat banget ya mas?, mantap.

  7. Arif berkata:

    Waw…..super nih laptop gaming banyak pilihan dan penjelasanya lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter