site stats free
 

Kenapa Allah Menciptakan Malaikat Padahal Allah Maha Kuasa?

Setelah sebelumnya membahas mengenai alasan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT, sekarang kita akan membahas lebih lanjut mengenai alasan dan tujuan allah menciptakan malaikat. Soalnya ada beberapa orang atau mungkin kalian sendiri yang bertanya mengapa Allah menciptakan malaikat padahal Dia segalanya bisa. Nah pembahasan ini akan kita simak secara ringan di artikel ini.

Kenapa Allah Menciptakan Malaikat?

Ada beberapa jawaban mengapa Allah menciptakan malaikat. Karena tentunya, Allah sendirilah yang Maha Tau akan hal ini. Semua ciptaan Allah yang mungkin kita anggap tidak ada manfaatnya, sebenarnya di sisi Allah itu ada manfaatnya. Hanya pengetahuan manusia yang belum sampai ke sana.

Maka dari itu, setiap ciptaan Tuhan jangan sampai kita rendahkan. Karena seburuk apapun anggapan kita, kita tidak bisa menciptakan sama persis seperti ciptaan-Nya bukan? Inilah beberapa jawaban mengapa allah menciptakan malaikat.

Kenapa Allah Menciptakan Malaikat Padahal Allah Maha Kuasa

1.Untuk mengabdi dan memuji-Nya

Sebenarnya ciptaan Allah semuanya itu diciptakan untuk mengabdi kepadanya. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, malaikat, jin, hingga matahari dan bumi sekalipun. Jadi walau kalian tidak tahu bahwa hewan itu berdzikir, sebenarnya dia selalu memuji-Nya.

Malaikat pun diciptakan untuk selalu memuji dan mengabdi kepada sang penciptanya. Jadi alasan Allah menciptakan malaikat salah satunya ya untuk mengabdi kepadanya.

Malaikat baik yang berada di arsy maupun di bumi selalu berdzikir, mengikuti setiap pengajian atau majelis ta’lim, mendengarkan kutbah, shalat berjamaah dan sebagainya. Cuma karena malaikat tidak memiliki nafsu jadi semua perintah tuhan dilaksanakannya dengan amat sangat mudah.

Cuma yang belum saya tahu, karena belum membaca dan mempelajarinya, apakah semua malaikat masuk surga atau tidak saya belum tahu. Tapi kemungkinan ya, kecuali yang memang ditugaskan untuk hal lain.

2.Untuk menunjukan bahwa Allah Maha Kuasa

Tujuan diciptakannya malaikat selanjutnya adalah untuk menunjukan dan membuktikan bahwa Allah SWT benar benar Maha Kuasa. Sama halnya seperti seorang raja, walau mungkin bisa melakukan segalanya, tapi jika melakukan semuanya tentunya kehormatannya akan jatuh bukan?

Jadi Tuhan menciptakan malaikat juga demikian. Agar Dia lebih terhormat dan terlihat memiliki kekuasan yang benar benar dahsyat. Walau segalanya memang dilakukan sendiri oleh Allah seperti menumbuhkan setiap sel makhluk hidup hingga mengatur pergerakan setiap inti atom tapi peran penciptaan malaikat ini juga penting bahwa Allah menjalankan setiap urusan-Nya tidak sendirian saja, tapi ada pembantunya.

3.Sebagai hikmah bagi manusia

Memang kita tahu bahwa tanpa batuan malaikat pun Allah bisa menjalankan segalanya. Namun pasti ada tujuan lain dibalik diciptakannya dia. Dan salah satunya sebagai berkah dan hikmah bagi manusia.

Misalnya manusia menjadi lebih yakin bahwa gerak geriknya akan selalu diawasi oleh malaikat. Atau menjadi semakin yakin akan kehidupan akhir zaman, dan tentunya semakin membuat dirinya tahu akan kekuasaan Allah yang benar benar luas.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai kenapa Allah menciptakan malaikat. Jadi walaupun Dia Maha Kuasa, ada tujuan lain dari penciptaan malaikat yang masing masing diberi tugas untuk mengemban amanat dan perintah dari Allah SWT.

Selain ketiga itu, tujuan Allah SWT menciptakan malaikat pasti lebih banyak lagi. Karena penciptaan batas pengetahuan manusia hanya setetes air dari luasnya samudera. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi blog ini terus ya untuk mendapatkan informasi yang selalu uptodate dan bermanfaat. Thanks.

Author - Oktober 28, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter