site stats free
 

Jawaban Tugas 3 Menginterpretasi Makna Teks Eksplanasi Secara Singkat

Menginterpretasi makna teks eksplanasi berarti memaknai, memberikan makna dari isi atau menafsirkan secara tersurat dan tersirat dari teks eksplanasi. Untuk mengetahui seperti apa selengkapnya mengenai jawaban tugas 3 menginterpretasi makna teks eksplanasi, simak pembahasannya di bawah ini.

Mungkin pada tugas 2 mengevaluasi teks eksplanasi sebelumnya anda sudah belajar cara mengevaluasi dari keseluruhan teks eksplanasi ini. Jika anda sudah tahu cara mengevaluasinya, maka sebenarnya itu bisa menjadi alat untuk menarik kunci jawaban dari tugas ini.

Jawaban Tugas 3 Menginterpretasi Makna Teks Eksplanasi Lumpur Lapindo

Setelah anda tahu bagaimana langkah langkah mengevaluasi teks eksplanasi, maka anda pun perlu tahu dulu langkah-langkah menginterpretasi makna teks eksplanasi. Dan sebagai contoh teksnya saya buat pada teks eksplanasi lumpur lapindo yang tertera pada buku paket bahasa Indonesia kelas XI halaman 40. Walau ada teks eksplanasi kebakaran hutan, tapi teks eksplansi lumpur Lapindo lebih tepat.

Inilah beberapa langkah-langkah untuk bisa menyelesaikan tugas 3 menginterprestasi makna teks eksplanasi:

1. Memahami struktur teks

Ini terdiri atas:

  1. Pernyataan umum
  2. Penjelasan
  3. kesimpulan

2. Memahami kaidah kebahasaan teks eksplanasi

Ada beberapa hal yang perlu kalian pahami disini, diantaranya adalah pemakaian kalimat definisi, konjungsi, dan juga pemakaian sebab akibat.

3. Menganalisa 5W + 1H

Cari tahu apa saja yang ada didalamnya seperti apa, siapa, mengapa, kapan, dimana, dan bagaimana.

Jawaban Menginterpretasi Makna Teks Eksplanasi

Inilah kunci jawaban tugas 3 menginterpretasikan makna teks eksplanasi tentang lumpur Lapindo. Jadi ambil setiap poin penting dari kalimat dalam setiap paragraf dan pastikan terdapat unsur 5W + 1H.

Banjir Lumpur Lapindo terjadi di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Banjir terjadi sejak tanggal 29 Mei 2006. Areal persawahan, pemukiman, dan kawasan industri tergenang oleh lumpur. Kandungan air raksa mencapai 2,565 mg/liter Hg padahal normalnya hanya 0,0002 mg/liter Hg. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan, iritasi kulit serta kanker. Lebih dari 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja karena terkena dampak lumpur ini.

Nah sepintas itulah jawabannya. Namun anda harus tetap memberikan tambahan jika memang diperlukan untuk kebutuhan tugas anda.

Semoga hal ini bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Author - November 13, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter