Hati-Hati, Ini Tandanya Anda Sudah Kecanduan Instagram

Ini Tandanya Anda Sudah Kecanduan Instagram | Anda sering mengunggah foto selfie hingga foto makanan yang disantap ke Instagram? Kalau sesekali tentu saja masih wajar. Tapi, kalau dilakukan setiap saat, bisa jadi Anda sudah kecanduan Instagram. Masih ada tanda lainnya yang bisa membuktikan bahwa Anda sudah kecanduan Instagram, seperti beberapa hal berikut ini misalnya.

Hati-Hati, Ini Tandanya Anda Sudah Kecanduan Instagram

  1. Membuka aplikasi Instagram setelah bangun tidur

1. membuka aplikasi Instagram setelah bangun tidur
Tanda Kecanduan Instagram 1. membuka aplikasi Instagram setelah bangun tidur

Jika Anda langsung membuka aplikasi Instagram setelah bangun tidur, bisa jadi Anda sudah kecanduan Instagram. Aplikasi ini menjadi hal pertama yang Anda pikirkan setelah bangun pagi bahkan dianggap lebih penting daripada hal lainnya seperti makan, mandi bahkan pacar.

  1. Terobsesi dengan jumlah followers

Tanda Kecanduan Instagram 2. terobsesi jumlah followers
2. terobsesi jumlah followers

Pengguna Instagram biasa tak begitu peduli dengan jumlah followers, kecuali jika memiliki target bisnis atau menggunakan akun Instagram untuk mencari kustomer. Jika Anda selalu melihat berapa jumlah followers akun Anda bahkan menggunakan aplikasi untuk mengetahui siapa saja yang sudah unfollow maka bisa dibilang Anda terobsesi dengan jumlah followers akun Anda.

  1. Terobsesi menggunakan Instagram Stories

Tanda Kecanduan Instagram 3. terobsesi menggunakan Instagram stories
3. terobsesi menggunakan Instagram stories

Tanda kecanduan Instagram lainnya adalah Anda tak bisa lepas dari fitur Instagram Stories. Hampir setiap menit Anda tergoda untuk mengecek siapa saja yang melihat stories-mu. Bahkan tak jarang Anda merasa sedih apabila orang yang Anda harapkan untuk melihat stories tersebut ternyata mengabaikannya.

  1. Ahli stalking

Tanda Kecanduan Instagram 4. ahli stalking
Tanda Kecanduan Instagram 4. ahli stalking

Jika Anda lebih ahli dalam hal stalking Instagram orang lain, bisa jadi Anda sudah kecanduan Instagram. Anda selalu merasa penasaran terhadap apa yang dilakukan orang lain. Mulai dari penasaran siapa pacar baru mantan hingga lokasi liburan mantan Anda cari tahu. Kalau dibiarkan tentu aktivitas stalking seperti ini terkesan creepy.

  1. Hapal cara edit foto Instagram

5. Hapal cara edit foto instagram
5. Hapal cara edit foto instagram

Tanda kecanduan Instagram lainnya adalah Anda sangat serius tentang foto yang hendak diunggah ke Instagram bahkan cenderung ke perfeksionis. Anda bisa menghabiskan waktu lama untuk mengambil foto dari sudut pandang terbaik hingga mengedit foto habis-habisan agar terkesan menarik dan disukai banyak orang.

Tak sedikit pula orang yang kecanduan Instagram akan mengedit dan mengulang-ulang caption yang hendak dia unggah. Dalam tahap normal tentu hal ini bisa mengasah kemampuan foto kita, Mimin sendiri juga pernah mengalaminya kok. Namun bila dilakukan berlebihan justru terkesan dipaksakan dan menandakan Anda sudah kecanduan Instagram.

  1. Merasa terganggu bila melihat foto yang kabur

6. terganggu melihat foto blur di instagram
6. terganggu melihat foto blur di instagram

Ketika sudah kecanduan Instagram, Anda akan merasa terganggu bisa melihat foto kabur atau tidak bagus, baik saat scrolling timeline atau ketika melihat foto Anda sendiri. Setiap melihat foto yang kurang maksimal, timbul keinginan dalam diri untuk memperbaiki foto tersebut atau merasa jijik. Tentu saja ini tak sehat bagi mental Anda.

  1. Mengambil foto makanan sebelum menyantapnya

7. Mengambil foto makanan sebelum menyantapnya
7. Mengambil foto makanan sebelum menyantapnya

Lazimnya setelah makanan tiba, kita akan berdoa sebentar kemudian baru memakannya, namun berbeda dengan orang yang kecanduan Instagram. Orang yang kecanduan Instagram akan memotret foto makanan di hadapannya berulang-ulang hingga menemukan foto yang pas. Tak jarang dia justru lebih sibuk foto dan upload gambar makanan daripada memakannya.

  1. Menghabiskan waktu untuk scrolling

8. menghabiskan waktu untuk scrollng
8. menghabiskan waktu untuk scrollng

Tak hanya menghabiskan banyak waktu untuk mengedit foto, Anda juga menghabiskan banyak waktu untuk scrolling Instagram jika sudah kecanduan. Anda bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melihat postingan Instagram dari atas hingga bawah. Hayo, scrolling teroos!

Kalau tanda-tanda di atas sering Anda lakukan, bisa jadi Anda sudah kecanduan Instagram. Apalagi kalau sudah mengetahu cara melihat profil Instagram yang diprivate / dilock dengan mudah yang sudah Axefo.com sampaikan sebelumnya. Anda harus ingat main Instagram boleh-boleh saja tapi jangan sampai berlebihan atau mengganggu aktivitas yang lain.