site stats free
 

Efek Samping Kolang-kaling Dibalik Manfaatnya yang Banyak

Mungkin sebagian dari kita sering mengonsumsi kolang kaling sebagai campuran es, sirup atau hidangan segar lainnya. Namun tahukah kalian bahwa kolang kaling ini memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita?. untuk mengetahuinya, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Kolang kaling merupakan buah yang berasal dari tumbuhan aren. Karena begitu cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan minuman segar, maka buah satu ini banyak diburu orang. Apalagi disaat bulan ramadan. Karena dibulan tersebut banyak sekali permintaan kolang kaling sebagai campuran es atau sirup untuk takjil buka puasa.

Namun menurut beberapa sumber mengatakan bahwa efek buruk kolang kaling ini memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh kita. Walau dampak utamanya adalah jangka panjang, namun juga harus terus menerus diperhatikan dan diwaspadai, karena kesehatan kita bisa saja terancam setiap saat.

Untuk mengetahui apa saja bahaya makan kolang kaling, silakan simak pembahasannya berikut ini. Sebelumnya baca juga Apakah benar sprite bisa menggugurkan kandungan?

Efek Samping Makan Kolang-kaling

Sebenarnya, efek negatif makan kolang-kaling ini berasal dari cara pengolahan yang salah atau penambahan bahan berbahaya seperti halnya formalin. Atau mungkin campuran lan dalam kolak atau es buah yang terkandung didalamnya juga bisa mengakibatkan efek negatif bagi seseorang.

Karena pada dasarnya, kolang kaling merupakan sumber manfaat yang sangat penting bagi tubuh kita. Bisa saja seseorang memiliki efek yang kurang baik terhadap suatu kandungan dalam kolang kaling, karena penolakan tubuh alergi. Hal ini sering dianggap sebagai efek samping karena sumber tersebut dimakan secara berlebihan mengakibatkan efek yang kurang baik bahkan buruk dan berbahaya bagi kesehatan kita.

Untuk mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam kolang-kaling silakan simak pembahasannya dibawah ini sehingga kalian bisa tahu apa saja kegunaan dan manfaatnya dari kolang kaling ini.

Dalam 1 ons kolang kaling terdapat kandungan seperti berikut ini:

1.Kadar air mencapai 93,8%
2.Karbohidrat 4%
3.Protein sebanyak 0,69 gram
4.Abu 1%
5.Serat kasar 0,95 gram
6.Kalsium 91 miligram
7.Kandungan lain seperti protasium, dan iron

Apa saja manfaat dari kolang kaling?

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari kolang kaling, kita lihat terlebih dahulu mengenai manfaat kolang kaling. Ini beberapa manfaat dari kolang kaling.

1.Menyegarkan badan

Karena kandungan airnya yang begitu tinggi mengakibatkan badang segar kembali. Maka dari itu, pilihlah kolang kaling yang memiliki ciri ciri yang baik seperti tidak kering dan terlihat segar. Bagi kalian yang sedang dehidrasi, dapat dengan mudah segar badannya jika mengonsumsi makanan satu ini.

2.Melancarkan sistem pencernaan

Banyak orang yang sudah merasakan manfaat dari kolang kaling dalam melancarkan sistem pencernaan. Kalian yang susah BAB, makanlah buah ini secara rutin dan lihatlah hasilnya sendiri dalam beberapa hari.

3.Menghentikan nafsu makan dan menahan rasa kenyang

Bagi yang gemuk dan ingin kurus, dengan rutin mengonsumsi kolang kaling sebagai camilan sehat, ini akan membantu proses diet anda. Dengan rendah kalori tinggi serat mampu membuat anda menahan nafsu makan lebih lama. Silakan buktikan sendiri manfaatnya.

4.Mengurangi rasa nyeri sendi dan sering kesemutan

Manfaat kolang kaling bagi kesehatan tulang begitu besar karena kandungan kalsium yang tinggi didalamnya. Sehingga bagi yang punya rematik atau sering kesemutan bisa anda obati dengan rutin mengonsumsi kolang-kaling.

5.Memperlancar metabolisme tubuh

Karena berbagai gizi yang cukup lengkap terdapat dalam kolang kaling, maka otomatis bisa memperlancar metabolisme tubuh. Jadi sangat baik bila mengonsumsi antara 5 sampai 10 buah kolang-kaling secara rutin setiap harinya sebagai makanan untuk memperlancar metabolisme tubuh kalian.

6.Baik bagi ibu hamil

Mungkin kalian ada yang bertanya-tanya, “bolehkah ibu hamil muda makan kolang-kaling?” jawabannya adalah boleh. Asalkan dalam mengonsumsi makanan tersebut dibatasi dan tidak sembarangan.

Justru bagi ibu hamil dan bagi bayi kolang kaling ini bisa menjadi sumber asupan gizi. Apalagi kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi tentunya bisa memberikan proses pembentukan tulang yang baik bagi si bayi.

Beberapa efek samping mengkonsumsi kolang kaling

Inilah beberapa efek samping kolang kaling bagi tubuh kita. Baca dengan cermat agar tidak terjadi kesalahpahaman ya.

1. Dehidrasi berlebihan

Kolang kaling dipercaya membuat anda sering buang air kecil. Frekuensi buang air kecil akan naik drastis dari biasanya. Kalau untuk buang air besar juga lebih lancar karena kandungan seratnya yang tinggi. Jadi untuk mengantisipasi hal ini, maka bagi kalian yang mungkin ingin puasa atau bepergian jangan makan kolang kaling dalam jumlah banyak agar tidak dehidrasi akibat kehabisan cairan tubuh.

Tapi bagi yang tidak puasa saya rasa tidak bermasalah, karena kandungan air yang banyak juga dapat mengurangi dehidrasi itu sendiri. Jadi usahakan saat sahur hindari mengonsumsi makanan seperti ini, atau minuman seperti kopi, teh dan makanan tinggi gula.

2. Kurang baik untuk orang yang ingin gemuk

Bagi anda semua yang sedang menjalani proses penggemukan badang, kolang kaling mengakibatkan beberapa kendala. Yaitu prosesnya yang bertentangan dengan program itu sendiri. Pada dasarnya, kandungan yang terdapat dalam kolang kaling seperti serat dan kadar air akan mengakibatkan kalian terus merasa kenyang.

3. Sangat fatal bagi kesehatan jika berformalin

Untuk mengatasi hal ini, anda perlu tahu ciri kolang kaling berformalin yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu cara mudah untuk membedakannya adalah kolang kaling selalu terlihat segar dan tidak ada hewan yang menempel pada kolang kaling tersebut. Bahkan dalam 2 hari rasa dari kolang kaling tersebut belum berubah. Karena normalnya, jika satu hari dibiarkan di udara terbuka rasanya berubah menjadi kemasaman tidak enak.

Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana formalin berperan dalam membunuh manusia. Namun intinya, semua organ tubuh kita bisa terancam jika mengonsumsinya. Dampaknya adalah jangka panjang seperti kerusakan otak, jantung, ginjal, bahkan hati. Namun begitu, jangka pendek yang kadang dialami adalah mual, pusing, muntah, nyeri ulu hati.

4. Penyakit Batu Ginjal

Kenapa kolang kaling bisa menyebabkan batu ginjal? Dengan kandungan hampir 100 miligram per 100 gramnya yang hampir menyamai kalsium susu atau bahkan sumsung tulang sapi, kalsium dalam kolang kaling tentunya sangat banyak.

Apabila seseorang mengonsumsi kolang kaling diatas batas aman maka akan memicu terbentuknya batu ginjal. Bagaimana ngeri bukan? Untuk itu, konsumsilah secara normal, maksimal 20 sampai 25 buah perhari. Memang, endapan dalam ginjal ini tidaklah sehari atau setahun jadi, melainkan jangka panjang. Jadi harus anda waspadai baik baik.

Jadi setelah tahu efek kolang kaling berformalin bagi kesehatan, alangkah baiknya kalian lebih bijak dalam membeli kolang kaling, jangan asal yang terlihat bagus dan segar saja.

Demikianlah pembahasan mengenai efek samping kolang-kaling. Semoga pembahasan ini bermanfaat buat kita semuanya. Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan beragam informasi yang bermanfaat. Ingat! Dibalik khasiat dari makanan yang kita konsumsi, harus diperhatikan ada bahaya yang selalu mengintainya.

Author - November 8, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter