site stats free
 

Diet Rendah Kalori Sering Gagal? Ini Penyebabnya

Axefo.com | Sering gagal diet rendah kalori? Ternyata diet rendah kalori tak begitu efektif menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Diet seperti ini justru membuat berat badan jadi rentan naik lagi. Lalu, apa yang menyebabkan diet rendah kalori sering gagal menurunkan berat badan?

Diet Rendah Kalori Sering Gagal? Ini Penyebabnya

  1. Stres

stres

Jangan anggap sepele stres karena bisa mengganggu kelancaran diet. Hal ini disebabkan karena tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol saat stres. Hormon inilah yang memicu rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan sehingga menggagalkan diet.

Pastikan kondisi tubuh dan hormon dalam keadaan stabil saat hendak melakukan diet. Kelola stres dengan baik sehingga diet bisa berjalan lancar. Lakukan kegiatan yang menenangkan agar tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

  1. Berat badan tidak turun dengan cepat

berat badan tidak turun dengan cepat

Diet rendah kalori tak hanya menahan nafsu makan, tapi juga melatih kesabaran Anda. Penurunan berat badan pada pola diet ini berjalan dengan lambat sehingga membuat pelakunya beranggapan berat badan gagal turun. Padahal, penurunan berat di minggu pertama disebabkan karena penurunan berat air.

Kemudian berat badan akan menurun secara perlahan di minggu berikutnya. Jadi, angka timbangan yang tetap stabil selama diet bukan berarti diet gagal. Bisa jadi massa otot justru meningkat sehingga berat badan tak berubah. Untuk memastikannya, gunakan alat pengukur lingkar pinggang atau pengukur lemak yang akurat.

  1. Terlalu banyak konsumsi susu

terlalu banyak minum susu

Susu memang terbilang rendah kalori, namun kandungan proteinnya cukup tinggi. Kandungan protein yang tinggi inilah yang mampu mempengaruhi metabolisme energi tubuh. Protein bisa memicu lonjakan insulin yang cukup tinggi sehingga menyebabkan penimbunan energi dan lemak di tubuh. Akhirnya berat badan pun sulit turun meski masih melakukan diet.

  1. Kurang tidur

kurang tidur

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Kurang tidur justru bisa memicu obesitas dan menggagalkan diet rendah kalori. Kurang tidur menyebabkan tubuh lebih mudah merasa lapar, menimbulkan rasa mudah lelah dan kurang bersemangat untuk olahraga.

Agar diet rendah kalori bisa berhasil, sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein setengah jam 2 siang. Usahakan matikan lampu kamar tidur ketika tidur, hindari mengkonsumsi alkohol dan cobalah untuk tidur di jam yang sama setiap hari. Bila sulit tidur, lakukan hal yang menenangkan sebelum tidur seperti membaca buku atau mendengarkan musik.

  1. Olahraga yang kurang benar

olahraga kurang benar

Olahraga seharusnya bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, olahraga yang dilakukan kurang benar justru bisa menggagalkan diet. Oleh karena itu, lakukan olahraga yang mampu mendukung diet seperti angkat beban, latihan interval dan olahraga berintensitas rendah.

  1. Tak memikirkan porsi makan

tak memperhatikan porsi makan

Terkadang pelaku diet hanya memikirkan rendahnya karbohidrat tapi melupakan porsi makan yang ideal. Padahal diet rendah kalori yang tidak diimbangi dengan pengurangan porsi makan justru menggagalkan diet. Apalagi jika Anda mengkonsumsi lemak dan protein berlebih tentu diet akan gagal.

  1. Sering curang

sering curang

Penyebab gagal diet rendah kalori lainnya adalah sering curang. Sebenarnya curang diperkenankan saat diet asalkan dilakukan pada waktu yang tepat. Hindari terlalu sering curang dan kendalikan nafsu makan Anda. Tentukan jadwal makan yang bebas hanya sekali saja dalam seminggu sehingga tidak berpengaruh pada diet.

Diet rendah kalori juga masih diperbolehkan untuk ngemil. Tapi, jadikan ngemil sebagai sarana untuk penunda lapar dan hanya dilakukan di antara jadwal makan besar sehingga tidak mempengaruhi diet Anda.

Diet rendah kalori memang membutuhkan kesabaran dan waktu agar Anda bisa melihat hasilnya. Asal Anda konsisten dalam menjalankan pola makan rendah kalori, maka diet pasti bisa berhasil.

Author - Maret 7, 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter