site stats free
 

Cara Menghilangkan Kemreki (Gurem) di Rumah dan Kandang Ayam

Kemreki atau mreki atau gurem atau sieur yang memiliki nama latin Ornithonyssus bursa merupakan salah satu hewan yang identik dengan ayam yang sedang angkrem atau mengerami telurnya. Namun yang menjadi masalah adalah hewan ini tidak hanya berada di sekitar ayam yang sedang angkrem saja, melainkan bisa menyebar jauh dari sekitar tempat itu.

Konon katanya kemreki menjadi pertanda bahwa telur yang dierami oleh ayam tidak akan menetas, walau ada yang menetas itu juga presentasinya kecil. Tapi saya belum tahu apakah itu memang betul ataukah tidak. Tapi memang kenyataan seringnya demikian. Hal ini juga saya alami beberapa saat lalu. Saya menetaskan ayam dan tidak menetas walau menetas 1 tapi langsung mati karena serangan gurem ini.

Tetangga saya pun demikian. Malah ayam yang mengerami yang mati karena tidak kuat menahan kemreki. Tapi menurut saya mreki juga datang karena musim. Tidak hanya karena ayam, dia lebih suka ayam yang sedang mengerami karena sangat cocok sebagai tempat hidupnya.

Menurut pengamatan sendiri kemreki juga mengalami metamorfosis. Saat masih kecil dia berwarna putih saat dewasa berwarna coklat dan nantinya dia bisa terbang memiliki sayap. Itu berdasarkan pengamatan saya sendiri, belum diketahui secara pasti. Baca nih: Cara menghilangkan tikus di rumah secara ajaib.

Yang jelas, hewan ini memiliki kesukaan terhadap tempat yang hangat. Dia akan berkembang biak disana. Saat masih kecil dan berwarna putih itu sangat sulit dilihat dari jarak normal penglihatan. Tapi jika sudah berwarna coklat akan sangat mudah dilihat. Hewan ini juga suka menempel di manusia, buktinya saya sendiri sering dihinggapi hewan satu ini hingga sangat risih, apalagi jika masuk telinga, terutama setelah kontak dengan peralatan sekitar kandang ayam.

Cara Menghilangakan Mreki

Kemreki ini sering datang dan bergerombolan dan menyebar ke tempat tempat yang cocok untuk hidupnya. Jadi jangan heran kalau di rumah anda ada banyak kemreki walau kandang ayamnya ada diluar. Sama halnya seperti saya, di rumah ada beberapa kemreki yang sering hinggap di laptop. Mungkin karena laptop sering aktif dan hangat hangat enak gitu, jadi kemreki sangat suka. Langsung saja, inilah cara menghilangkan kemreki.

Karena gurem menjadikan ayam tidak nyaman dan sering berdiri dan garuk garuk badan yang akan berdampak pada kulit ayam dan juga telurnya yang berakibat tidak menetas maka kita perlu menganggulanginya.

Cara yang digunakan ini termasuk cukup ampuh. Karena menurut pengalaman saya sendiri pernah ngikutin tutorial di internet dengan menggunakan kapur ajaib, detergent, inilah itulah tapi tak ada hasil sama sekali. Jadi anda bisa mengikuti cara dibawah ini.

 

1.Membuat larutan untuk kandang ayam

Siapkan beberapa bahan berikut ini:

a.Air
b.Deterjen
c.Sevin (silakan cari di toko pertanian)
d.Belerang halus (cari di toko petanian)

Camprukan semua bahan di atas, kemudian saring dengan kain halus. Untuk menyemprotkan ke kandang ayam, gunakan sprayer kecil atau hand sprayer untuk menyemprot. Lakukan cara ini hingga 2 kali dalam seminggu secara kontinyu hingga bersih dari kemreki.

 

2.Pestisida untuk ayam

Untuk selanjutnya, anda bisa menggunakan pestisida untuk ayam dengan nama Kututox-S. Pestisida ini bisa anda cari di toko pertanian dan peternakan di sekitar tempat anda. Obat satu ini cukup efektif untuk menghancurkan serangan kemreki dan juga kutu lainnya jenis liperurus coponis, goniocotes dissimilis atau juga cuclotogaster heterographa.

Caranya pun mudah, anda bisa menggunakannya untuk disemprotkan atau ditaburkan ke badan ayam. Zat aktif yang terkandung dalam kututox-S ini adalah pestisida spektrum luas yang memiliki sifat non korosif serta daya toksisitas juga rendah. Jadi aman untuk ayam.

Tapi yang perlu di perhatikan, gurem atau mekri ini harus kontak langsung dengan obat ini. Akan lebih baik jika anda menggunakannya di lakukan dengan di tabur dan digosok gosokan ke sela sela dalam bulu ayam.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghilangkan kemreki yang ampuh. Semoga anda bisa mengatasi dan menghilangkan semua mreki di rumah anda. Sampai jumpa di lain artikel. Thanks.

Author - November 9, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter