site stats free
 

Cara Membuat Obat Padi Score Alami Sendiri

Score memiliki berbagai macam kegunaan untuk meningkatkan hasil panen berbagai macam tanaman, terutama tanaman padi. Memang score merupakan merk dagang dari obat tanaman yang memiliki manfaat yang sudah sangat terkenal dan terbukti meningkatkan hasil panen.

Namun, karena memiliki harga yang cukup mahal, obat ini walau menarik minat banyak orang tapi tetap saja menjadi suatu masalah yang mengganjal bagi mereka yang tidak punya banyak modal. Terlebih jika sedang musim hama seperti tikus, hama wereng dan lainnya memang membutuhkan banyak modal dalam pertanian. Kadangkala, hasil yang didapatkan hanya cukup sebagai balik modal saja, bahkan merugi banyak.

Untuk itu, membuat score alami merupakan hal yang utama dan bisa diaplikasikan dengan mudah. Nah pada kesemptan kali ini, saya ingin memberikan beberapa referensi mengenai cara membuat score alami. Seperti apa pembahasannya? Silakan simak terus infonya berikut ini:

Membuat Obat Padi Score

Cara Membuat Obat Padi Score Alami Sendiri

Obat padi score bisa anda dapatkan dengan mudah di toko pertanian. Jika anda amati, kandungan yang terdapat di dalam obat score adalah berupa difenokonazol yang merupakan bahan aktif untuk melawan jamur atau disebut juga sebagai fungsida.

Sebenarnya, penggunaannya pun di manfaatkan untuk tanaman sayuran seperti cabai yang cenderung memiliki tingkat pertumbuhan jamur yang tinggi.

Namun karena dalam score ini terdapat kandungan ZPT atau Zat Pengatur Tumbuh bagi tanaman, maka banyak yang dimanfaatkan untuk tanaman pangan seperti padi dan jagung, sayuran dan juga tanaman buah-buahan seperti jambu, kakao dan lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi kepada anda semuanya mengenai cara membuat obat padi score alami. Cara membuat score alami ini tidaklah sulit. Hanya dengan beberapa langkah mudah saja anda bisa mempraktikannya.

Langsung saja inilah dia pembahasannya:

1. Menyiapkan alat dan bahan

Alat:

  • Ember, pengaduk, saringan

Bahan:

  • MOL 200 ml, jika belum tahu cara membuat MOL silakan klik infonya disini: Cara Membuat MOL dengan mudah (berfungsi sebagai pengurai unsur dalam bahan sehingga menjadi unsur penting bagi tanaman)
  • Telur Bebek 5 buah (putih dan kuningnya)
  • Susu cair 2 gelas (usahakan susu non gula)
  • Air kelapa 1 liter (usahakan gunakan air kelapa yang sudah cukup tua)
  • Air bersih 2 liter
  • Buah jeruk manis (400 gram)
  • Sunlight 3 sachet (jangan gunakan merk lain, karena ini yang paling aman dan ramah lingkungan) yang berfungsi sebagai perekat

2. Setelah alat dan bahan siap, sekarang campurkan semua bahan di atas ke dalam ember (kecuali mama lemon)
3. Biarkan selama minimal 4 hari
4  Setelah selesai, kita saring dengan kain halus
5. Sebelum anda gunakan kocok terlebih dahulu

Cara Penggunaan Score Alami:

  1. Tuangkan dosis 100 cc ke dalam 14 liter air atau 1 tangki (1 tangki bisa untuk lahan 75 m2 atau kurang, tergantung penggunaan)
  2. Tambahkan sunlight sedikit saja sampai agak berbusa (3 sachet kita bisa gunakan untuk lahan hingga 1 hektar lebih, jadi jangan terlalu banyak)
  3. Aduk merata dan sekarang sudah bisa disemprotkan
  4. Usahakan bagian pucuk tanaman harus terkena semprotan air tersebut
  5. Ulangi setiap 1 atau 2 minggu sekali untuk perawatan terbaik

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat obat padi score alami sendiri dari rumah? Tentunya bisa menghemat biaya keuangan pengeluaran bukan? Selamat mencoba para petani.

Author - Agustus 7, 2017

2 tanggapan untuk “Cara Membuat Obat Padi Score Alami Sendiri”

  1. Andi Nugraha berkata:

    Kalau aku bikin sendiri belum pernah. Tapi, kakek di rumah sering bikin obat padi gini, selain bisa dapet caranya dari sini, bisa tanya-tanya juga ke kakek nanti..hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter