site stats free
 

Cara Membuat Barcode atau QR Code Online di Android dengan Mudah

Sekarang ini, barcode creator online memang sudah sangat banyak sekali. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Hal ini karena penggunaannya yang semakin banyak di segala hal, mulai digunakan sebagai informasi dalam label makanan, barang, hingga kode keamanan ekripsi.

Maka dari itu, sekarang layanan yang bisa digunakan sebagai alat untuk membuat barcode semakin banyak. Apalagi alat yang bisa digunakan sebagai pemindai atau scanner terhadap barcode atau QR Code semakin mudah.

Dikesempatan ini, saya ingin memberikan beberapa cara membuat barcode secara online yang bisa dilakukan di hp android anda. Asalkan ada koneksi internet, anda bisa membuatnya dengan mudah dan cepat. Jika ingin tahu seperti apa, silakan simak pembahasannya di bawah ini:

Cara Membuat Barcode Online

Cara Membuat Barcode Online

Barcode adalah suatu kode yang terdiri dari garis-garis yang memiliki makna tertentu yang bisa dibaca oleh alat tertentu seperti smartphone dengan aplikasi khusus. QR code pun sama, cuma bedanya QR Code memiliki bentuk kotak, sedangkan barcode hanya kumpulan dari baris-baris.

Karena hanya bisa dilihat dari alat tertentu, maka kita tidak bisa membacanya secara langsung. Untuk setiap barcode memiliki penyimpanan data hingga ratusan Kb. Jadi ini sangat cocok bagi anda yang ingin menyimpan nama, website, sebuah kata-kata kejutan, atau lainnya dengan membuatnya disimpan dalam bentuk barcode.

Tertarik untuk membuatnya? Silakan ikuti pentunjuk-pentujuknya di bawah ini agar bisa melakukannya dengan benar tanpa ada kesalahan.

1. Pertama-tama, silakan install aplikasi barcode scanner. Banyak sekali aplikasi yang tersedia di playstore. Ini fungsinya adalah untuk menguji jika barcode atau qr code yang telah dibuat sudah benar-benar work nantinya.

2. Silakan kunjungi web barcode generator yang tersedia di internet. Ada banyak pilihan seperti aplikasi, namun saya merekomendasikan beberapa macam web yang benar-benar work di bawah ini untuk barcode dan qrcode.

(Jika ada yang tidak bekerja atau linknya mati, silakan kabari admin dengan berkomentar di kolom komentar bawah ya. Silakan pilih salah satu saja dari kedua web di atas.)

3. Setelah masuk ke dalam webnya, silakan isikan kata-kata yang ingin anda jadikan berbentuk barcode atau qrcode tersebut.

4. Misalnya anda ingin menunjukan kata-kata itu buat gebetan anda dan ingin dia menjadi pacar anda. Maka bisa menuliskan dengan kata seperti ini:

“Hai Vilona, Apakabar? Melalui pesan singkat ini saya ingin mengungkapkan apa yang telah saya rasakan sejak pertama kali melihatmu. Yaitu saya mencintaimu dan saya ingin agar kamu menjadi pacarku. Maukah kamu menerimanya?”

Jangan baper ya!. itu hanya sebagai contoh saja. Anda bisa menggunakan kalimat lain yang memang anda ingin sampaikan, misalnya nomor penting, tapi jangan gunakan sandi atau apapun dalam bentuk seperti itu.

5. Usahakan kalimatnya tidak melebihi batas yang telah ditentukan.

6. Setelah itu silakan klik submit dan nanti akan ada pilihan gambar dalam beberapa jenis format tertentu.

7. Silakan download gambar yang berekstensi .png

8. Buka file tersebut dan bagikan kepada orang yang ingin anda kirimi pesan tersebut. Lalu minta dia untuk menscan atau memindai dengan aplikasi barcode scanner. Tapi sebelumnya silakan chek terlebih dahulu apakah memang berfungsi ataukah tidak. Jangan sampai bikin malu karena tidak berfungsi ya.

Mudah bukan cara membuat barcode online ini? Semoga bermanfaat buat anda semuanya. Jangan lupa yah untuk selalu mengunjungi axefo.com untuk mendapatkan beragam informasi yang unik dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya kawan.

Author - Juli 30, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter