site stats free
 

Cara mem-buka File CSV di Komputer

File comma-separated values (CSV) adalah file yang berisi teks yang dipisahkan dengan koma, namun bisa juga file terpisah dengan karakter lainnya. File CSV dapat dibuka di program apa pun, namun bagi sebagian besar pengguna, file CSV paling baik dilihat melalui program spreadsheet seperti Microsoft Excel, Open Office Calc atau Google Docs.

Tip: Jika Anda tidak menginstal program spreadsheet di komputer Anda, pertimbangkan untuk menggunakan spreadsheet online seperti Google Documents atau program spreadsheet gratis lainnya. Berikut beberapa program untuk cara membuka file CSV di komputer, Anda bisa mencoba salah satu program dibawah ini untuk membuka file CSV.

Cara Buka CSV

Microsoft Excel
Jika Microsoft Excel telah terinstal di komputer, secara default file CSV harus dibuka secara otomatis di Excel saat file diklik dua kali. Jika Anda mendapatkan perintah Open With prompt saat membuka file CSV, pilih Microsoft Excel dari program yang tersedia untuk membuka file.

Sebagai alternatif, Anda dapat membuka Microsoft Excel dan di bilah menu, pilih File, Open, dan pilih file .CSV. Jika file tidak terdaftar, pastikan untuk mengubah jenis file yang akan dibuka ke Text Files (* .prn, * .txt, * .csv).

Setelah membuka file CSV, teks semuanya ada dalam satu kolom (bukan dipisahkan pada setiap koma ke dalam kolom individual), buka file di Microsoft Excel. Gunakan Wizard Impor Teks, yang akan meminta Anda untuk menentukan bagaimana Anda ingin teks dipisahkan. Pilih opsi Delimited, lalu pada layar berikutnya, pilih opsi Comma. Ini akan menghasilkan teks dipisahkan pada setiap koma dan ditempatkan di kolom individual.

Cara membuka file CSV di Komputer

Catatan: Jika Anda tidak melihat Text Import Wizard dan semua teks masih ditempatkan dalam satu kolom di Microsoft Excel, mungkin ada masalah dengan bagaimana teks dalam file CSV diformat. Jika ada tanda kutip ganda di sekitar setiap baris teks, Microsoft Excel akan memperlakukannya sebagai satu catatan dan tidak memisahkan teks pada setiap koma. Buka file CSV di editor teks, seperti Notepad, untuk melihat apakah ada tanda kutip ganda di seputar teks. Anda dapat mencoba menghapus tanda petik ganda di awal dan akhir setiap baris dalam file CSV, kemudian coba buka file di Microsoft Excel lagi.

 

Open Office Calc
Jika Open Office telah terinstal di komputer, secara default, file CSV harus terbuka secara otomatis di Calc saat file diklik dua kali. Jika Anda mendapatkan Open With prompt saat membuka file CSV, pilih Open Office Calc dari program yang tersedia untuk membuka file.

Sebagai alternatif, Anda dapat membuka program Open Office Calc dan di menu bar, pilih File, Open, dan pilih file .CSV.

 

Google Docs
Buka Google Docs, klik Upload, pilih File, dan cari ke direktori yang berisi file .CSV dan pilihlah. Jika jendela Setelan pengunggahan muncul, centang kotak Mengkonversi dokumen, presentasi, spreadsheet, dan gambar ke format Google Docs yang sesuai dan klik Start Upload.

Author - November 9, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter