site stats free
 

Cara Klaim JNE Barang Rusak atau Hilang

Sebagai pengguna online shop, kadang antara buyer dan seller mengalami permasalahan yang rumit. Padahal kesalahannya bukan dari pihak keduanya tapi karena pihak ketiga yaitu distributor seperti halnya JNE.

Misal barang menjadi pecah, retak, rusak atau bahkan hilang. Parah sekali bukan? Maka dari itu, tentunya pihak pengirim seperti itu memiliki asuransi yang bisa digunakan untuk mengganti barang yang rusak.

Banyak orang yang telah komplain karena paket rusak oleh JNE. Saya sendiri memang langganan JNE. Tapi ada masalah 3 kali dengan JNE, yaitu pernah mengirimkan barang tapi kelipat-lipat, laptop lecet terbentur dan engsel goyah, beli pelindung layar HP tapi pecah padahal sudah sangat tebal gabusnya dan sangat kokoh.

Maka dari itu, saya sedikit ragu membeli barang elektronik penting menggunakan sistem seperti itu lagi, terutama yang memiliki bobot berat lebih dari 2 kg karena sangat berisiko terjadi kerusakan. Padahal proses klaimnya sangat sulit.

Benar sekali sangat sulit. Tidak hanya satu atau dua orang saja yang telah membuktikannya, tapi banyak sekali yang memang telah membuktikannya.

Cara Klaim Garansi JNE YES, OKE dan Lainnya

Cara Klaim JNE Barang Rusak atau Hilang

Memang, JNE tidak bisa menerima ganti rugi atau klaim paket jne yang telat. Tapi barang yang rusak atau hilang saja yang bisa di klaim. Itupun proses klaimnya ribet, dan yang kita dapatkan pun bukan barangnya kembali, melainkan harga 10 kali dari biaya pengiriman.

Mungkin anda disini mencari contoh surat klaim barang hilang anda di JNE. Tapi anda tak perlu galau, bingung dan resah karena disini saya ingin memberikan pembahasan kepada anda. Nah disini akan dibahas lengkap mengenai tata cara klaim barang hilang di JNE tersebut. Silakan simak baik-baik.

Sebelum membahas lebih lanjut, silakan perhatikan beberapa peraturan dari JNE dalam masalah klaim penggantian paket barang.

1. Pihak JNE hanya akan mengganti barang yang rusak parah atau hilang dengan uang 10 kali kirim saja. Misalnya anda sebagai pembeli laptop di Jawa Tengah dengan harga 12 juta belinya di Jakarta dengan total biaya pengiriman 160 ribu.

Nah jika laptop hilang dalam perjalanan, maka hanya akan digantikan uang senilai 160.000 x 10 = 1600.000 saja. Jadi gak ada hubungannya sama sekali dengan harga 12 juta itu dalam masalah klaim JNE. Paham bukan?

2. Pihak JNE melakukan penggantian barang sebesar harga bila totalnya sama dengan atau lebih kecil dari 10 kali biaya pengiriman.

Misalnya kalian membeli HP dari Jakarta ke Sulawesi dengan harga HP yaitu 1,6 juta. Nah biaya pengirimannya adalah 200 ribu. Maka jika HP tersebut hancur lalu anda minta klaim, maka uang 1,6 juta itu akan dikembalikan ke anda karena masih dalam batas 10 kali dari biaya pengiriman.

3. Untuk ganti ruginya semuanya mengikuti harga pengiriman terendah dikalikan 10. Jadi mereka tentunya tidak ingin rugi berat dalam masalah ini.

4. Biaya asuransi merupakan biaya mandiri, dan tidak akan dikembalikan biaya tersebut jika memang tidak terjadi apapun padq barang.

Sebagai buyer, biasanya jika mereka memaketkan barang maka disarankan untuk mengasuransikan barangnya jika harga barangnya lebih dari “10 kali biaya pengiriman”. Namun bila buyer tidak melakukan asuransi, maka tidak akan bisa kita klaim.

Cara Ajukan Klaim Ganti Rugi di JNE

Inilah beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengklaim barang yang rusak. Silakan cermati baik-baik.

1. Buatlah surat kehilangan atau kerusakan yang terdiri atas nama lengkap pengirim dan penerima, nomor telepon penerima dan pengirim, nama barang, harga barang, nomor resi, alamat pengiriman, alamat tujuan, tanggal pengiriman, jenis barang tanggal hilang/rusak/tidak terlacak dan cantumkan tanda tangan berserta nama jelas anda.

2. Lampirkan foto kopi KTP anda

3. Jika anda selaku buyer, maka sertakan juga bukti kwitansi pengiriman beserta nomor resi. Jika penerima, maka bisa minta foto scannya saja biar bisa ditunjukan.

4. Kirim ke pihak JNE kabupaten/kota tempat tinggal anda selambat-lambatnya 2 minggu sejak kehilangan.

5. Tunggu sampai dapat balasan, jika tidak dapat balasan dalam 1 bulan, relakan barang anda dan ikhlaskan!. 🙁

Semoga pembahasan mengenai cara klaim JNE barang rusak atau hilang ini bermanfaat buat kita semuanya. Oh ya, jangan lupa terus kunjungi blog ini ya kawan biar selalu update dengan informasi terbaru ya.

Author - Agustus 11, 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

javascript hit counter